Comscore Tracker

Benahi Area Insiden, Proyek Underpass Kentungan Dilanjutkan

Pelaksanaan proyek diupayakan sesuai target

Sleman, IDN Times - Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Underpass Satker PJN DIY Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sidik Hidayat mengatakan proyek pengerjaan underpass Kentungan akan dilanjutkan usai dua kendaraan terperosok di galian proyek pada Selasa (23/7).

Sementara itu, Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda DIY AKBP Tri Iriana menjelaskan insiden tersebut kini tengah diselidiki oleh pihak kepolisian. Ia pun mengimbau agar masyarakat untuk sementara menghindari simpang empat Kentungan agar perjalanan tidak terhambat.

1. Tetap sesuai rencana

Benahi Area Insiden, Proyek Underpass Kentungan DilanjutkanDok. Istimewa

Ditemui di lokasi proyek, Sidik Hidayat menerangkan bahwa pihaknya bakal memperbaiki daerah di mana dua kendaraan terperosok dan fokus membangun di sisi sebelah timur.

"Kami dari lapangan tetap project ini kami jalankan akan tetapi di titik daerah tersebut mungkin kami lakukan perbaikan terlebih dahulu. Kemudian mungkin kami fokuskan ke sisi sebelah timurnya," ujarnya pada Selasa (23/7).

Ia mengatakan bahwa kendaraan besar seperti truk semestinya tak melewati area di mana insiden jatuhnya dua kendaraan di atas terjadi.

"Kalau dari rambu sudah ada. Truk dilarang lewat," ucapnya.

Baca Juga: Jalan Longsor, Dua Kendaraan Jatuh ke Galian Underpass Kentungan

2. Himbauan hindari simpang empat Kentungan

Benahi Area Insiden, Proyek Underpass Kentungan DilanjutkanIDN Times/Nindias Khalika

Sementara itu, Tri menjelaskan insiden tersebut kini tengah diselidiki oleh pihak kepolisian.

"Kita tunggu proses penyelidikan. Tapi kami mau lalu lintas tetap berjalan. Nanti yang tadinya jalan lebar tinggal 2,7 meter jadi hanya bisa dilewati satu mobil. Untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat sedapat mungkin mentaati rambu yang ada kemudian menghindari sementara Kentungan ini. Cari jalan lain supaya lebih cepat," katanya.

Ia mengatakan penjaga dari pelaksana proyek akan menyetop kendaraan sebelum tempat kejadian sehingga tak ada yang berhenti di sana.

"Mengantisipasi saja sih. Saat lampu merah, di sini disetop sebelum tempat kejadian. Nanti ada petugas sehingga tak ada yang berhenti di sana. Kalau hijau, ya, jalan tapi hanya untuk satu mobil," ujarnya.

3. Dalam perjalanan menuju Inggris

Benahi Area Insiden, Proyek Underpass Kentungan DilanjutkanIDN Times/Tunggul Kumoro

Dua kendaraan yakni jip land rover dan truk terperosok ke galian proyek underpass Kentungan pada Selasa (23/7). Salah satu penumpang mobil land rover yang merupakan warga Australia Michael Rule (44) mengatakan dirinya beserta keluarga sudah berada di Indonesia sejak lima bulan terakhir.

"Saya akan travelling ke Inggris. Jadi kami jalan-jalan pakai mobil lewat Indonesia, terangnya.

Ia mengatakan bahwa atap mobil miliknya rusak karena jatuh ke galian proyek. Meski begitu, keluarganya selamat dari insiden di atas.

"Ada sedikit kerusakan di atap mobil karena membentur tanah. Kami akan lihat seberapa besar kerusakannya besok lalu coba memperbaikinya," jelasnya.

Baca Juga: Pengerjaan Underpass Dilanjutkan, Arus Lalu Lintas Kentungan Dialihkan

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You