Comscore Tracker

Uji Coba KRL Jogja-Solo Rp1 Sudah Dimulai, Jadi Ajang Swafoto

Kamu juga bisa coba naik, lho!

Solo, IDN Times - Uji coba kereta rel listrik (KRL) Jogja-Solo sudah dimulai sejak Senin (1/2/2021). PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memberlakukan uji coba bagi masyarakat umum ini hingga 9 Februari sebelum dioperasikan secara resmi pada 10 Februari 2021.

Tarif menumpang KRL rute Yogyakarta-Solo ini hanya Rp1 selama masa uji coba.

Baca Juga: Ini Cara Ikutan Uji Coba Naik KRL Jogja-Solo Rp1, Yuk Daftar!

1. Penumpang antusias, tapi masih canggung gunakan gate elektronik

Uji Coba KRL Jogja-Solo Rp1 Sudah Dimulai, Jadi Ajang SwafotoPetugas memberikan arahan kepada penumpang KRLSolo-Jogja di Stasiun Solo Balapan. IDNTimes/Larasati Rey

Dari pantauan IDN Times, masyarakat tampak antusias menaiki moda transportasi baru ini. Para penumpang yang kebanyakan berusia muda tersebut memang sengaja meluangkan waktunya untuk mencoba Commuter Line.

Salah satu penumpang, Bella Oktavia (21), mengaku penasaran sehingga ia rela meluangkan waktu untuk mencoba KRL yang perdana ia tumpangi.

"Tahu info ada uji coba dari Instagram, sama berita online, ini khusus naik KRL ya penasaran aja pengin naik," ungkapnya saat ditemui di Stasiun Balapan, Solo, Jawa Tengah, Senin.

Saat pertama naik Commuter Line, Bella mengaku kesulitan saat hendak masuk melalui gate elektronik. Ia tampak kesusahan mengsingkronkan antara kartu dengan mesin di gate elektronik.

"Itu (gate elektronik) lebih memudahkan ya lebih efektif dan cepat, tapi butuh adaptasi aja," imbuhnya.

2. Jadi ajang berswafoto

Uji Coba KRL Jogja-Solo Rp1 Sudah Dimulai, Jadi Ajang SwafotoKRLSolo-Jogja. IDNTimes/Larasati Rey

Tak hanya membuat warga penasaran, kehadiran Commuter Line di luar Jakarta ini menjadi lokasi swafoto baru bagi masyarakat Solo dan Jogja. Sejumlah Millennial memanfaatkan momen menumpang KRL ini untuk update media sosial masing-masing.

"Bagus keretanya, terus beda yang di Jakarta desainnya bagus buat foto-foto, ujar Intan (23) warga Jogja.

Intan menambahkan, Commuter Line yang ditumpanginya kali ini lebih nyaman bila dibandingkan dengan kereta Prameks yang selama ini ia gunakan.

3. Kuota penumpang terbatas

Uji Coba KRL Jogja-Solo Rp1 Sudah Dimulai, Jadi Ajang SwafotoPara penumpang menaiki KRLSolo-Jogja di Stasiun Solo Balapan. IDNTimes/Larasati Rey

KCI membatasi kuota peserta uji coba untuk setiap stasiunnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah kepadatan di stasiun dan menjaga jarak aman atau physical distancing di stasiun maupun kereta.

Selain memiliki jatah kuota/antrean untuk mengikuti perjalanan KRL Uji Coba, calon peserta juga wajib memiliki tiket yang sesuai untuk naik KRL. Masyarakat dapat menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) yang dengan mudah didapatkan di seluruh loket stasiun dengan harga Rp30 ribu, sudah termasuk saldo Rp10 ribu.

Selain KMT, masyarakat juga dapat menggunakan dengan menggunakan kartu uang elektronik dari bank yang sudah bekerja sama KAI Commuter yaitu Emoney Mandiri, BRIZZI BRI, Tap Cash BNI, dan Flazz BCA. Setiap KMT atau kartu uang elektronik bank juga hanya berlaku untuk satu orang.

Pada masa uji coba, tarif perjalanan yang dikenakan adalah Rp 1 untuk setiap perjalanan. Para calon peserta juga harus mempersiapkan diri untuk mengikuti berbagai protokol kesehatan di stasiun dan kereta.

Apakah kamu tertarik untuk mencoba KRL Jogja-Solo yang baru ini?

Baca Juga: Ingin Ikut Uji Coba Naik KRL Solo-Jogja? Ini Caranya

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya