Comscore Tracker

Tanda Cinta, Puluhan Hotel di Jogja Nyalakan Lampu Berbentuk Hati

Sebagai penyemangat di tengah pandemi virus corona

Jakarta, IDN Times - Pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling terdampak oleh pandemi virus corona. Demi memutus rantai penularan COVID-19, sejumlah objek wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ditutup. Jumlah moda transportasi seperti pesawat dan kereta api dikurangi. Hotel-hotel pun merumahkan karyawannya karena tingkat okupansi anjlok hingga kurang dari 10 persen. 

Namun, pelaku bisnis wisata di Yogyakarta tetap optimistis pandemi ini lekas berakhir dan roda perekonomian di sektor ini kembali bergulir. Harapan ini diekspresikan lewat cara yang unik, yaitu dengan membuat simbol hati di hotel dan tempat wisata masing-masing sebagai bentuk simpati dan dukungan.

Baca Juga: Okupansi di Bawah 10 Persen, Jam Kerja Karyawan Hotel Diubah 

1. Puluhan hotel menyalakan beberapa lampu kamar membentuk simbol hati

Dikutip dari akun Twitter @merapi_news, sebanyak 58 hotel dan beberapa tempat wisata menyalakan lampu kamar-kamar hotel mereka sehingga membentuk simbol hati. Lampu-lampu itu dinyalakan pada Sabtu (4/4) malam pukul 19.00-21.00 WIB.

2. Lampu berbentuk hati jadi simbol harapan

Tanda Cinta, Puluhan Hotel di Jogja Nyalakan Lampu Berbentuk Hatitwitter.com/iniriyo

Tidak hanya hotel, beberapa tempat wisata di Jogja juga turut berpartisipasi menyalakan lampu berbentuk hati.

"Hal ini dilakukan untuk menebar harapan dan cinta bagi semua masyarakat, sehingga kita bisa bahu membahu bangkit dari permasalahan yang terjadi," komentar akun @iniriyo.

3. Yogyakarta diharapkan segera pulih dari dampak virus corona

Tanda Cinta, Puluhan Hotel di Jogja Nyalakan Lampu Berbentuk HatiPuluhan hotel dan tempat wisata membuat lampu love. (Twitter.com/bimassatriaa)

Dia melanjutkan, Jogja dikenal dengan daya tarik wisata sejarah, simbol keagungan budaya Jawa dan menjadi kota yang unik. Dirindukan wisatawan lokal hingga mancanegara.

"Tanda cinta ini merupakan simbol empati, semangat kebersamaan, dan harapan agar Yogyakarta dapat segera pulih," ungkapnya.

4. Netizen pun baper melihat aksi tersebut

Tanda Cinta, Puluhan Hotel di Jogja Nyalakan Lampu Berbentuk HatiPuluhan hotel dan tempat wisata membuat lampu love. (Twitter.com/cerliwdy)

Aksi yang dilakukan saat malam Minggu tersebut pun menuai komentar dari sejumlah netizen.

"Kangen banget suasana malem di malioboro mulai dari live music sampe wangi sate di titik nol," tulis pemilik akun @nisangbum.

"Ih nangis sbg buruh hotel :(," tulis akun @nvriyanti11.

"Semoga lekas pulih, pengen balik Jogja. Pengen ngerasain ramadhan di sana :") Ya Allah," cuit akun @adakokdisebelah.

Baca Juga: Sejumlah Hotel di DIY Mulai Tawarkan Tempat untuk Karantina

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya