Comscore Tracker

Yogyakarta International Airport Siap Datangkan 1 Juta Wisatawan Asing

Mulai Januari 2020 jam operasional YIA sampai 23.00 WIB

Yogyakarta, IDN Times - Yogyakarta International Airport (YIA) di Temon, Kulon Progo ditargetkan bakal beroperasi penuh pada April 2020. Bandara ini akan menjadi pintu bagi lebih banyak wisatawan asing dari berbagai belahan dunia.

Pelaksana Tugas YIA, Agus Pandu Purnama mengungkapkan pembangunan fisik bandara ini sudah rampung sekitar 80 persen. Setelah masa angkutan Natal dan Tahun Baru berakhir, maka pada pertengahan Januari 2020, seluruh rute penerbangan domestik dari Bandara Internasional Adisutjipto dapat dipindahkan ke YIA.

"Ada sekitar 140 penerbangan yang akan dipindahkan dari Bandara Adisutjipto, sedangkan di YIA sendiri saat ini sudah ada 28 rute baru," ujar Pandu dihubungi, Minggu (13/10).

1. YIA dorong kunjungan wisatawan mancanegara

Yogyakarta International Airport Siap Datangkan 1 Juta Wisatawan AsingLiburan Jogja

Yogyakarta International Airport dirancang sebagai bandara dengan kapasitas yang jauh lebih besar dari Bandara Internasional Adisutjipto. Diharapkan dengan kapasitas bandara yang lebih luas ini dapat menampung dan menangkap peluang lebih banyak kunjungan wisatawan ke Yogyakarta maupun daerah sekitarnya.

"Bandara ini memiliki landasan pacu paling kuat, bahkan lebih kuat dibandingkan Bandara Internasional Ngurah Rai di Bali. Sehingga nantinya pesawat-pesawat wide body yang kebanyakan mengangkut penumpang dari berbagai negara, bisa mendaratkan pesawatnya di YIA," ungkap Pandu.

Baca Juga: Maskapai Internasional Mulai Melirik Rute Penerbangan ke Kulon Progo

2. Ditargetkan datangkan 1 juta wisman

Yogyakarta International Airport Siap Datangkan 1 Juta Wisatawan AsingIDN Times/Holy Kartika

Pertumbuhan penumpang pesawat di Bandara Adisutjipto saja, kata Pandu, terus mengalami kenaikan dari 2014 hingga 2018 kenaikannya mencapai 7,78 persen. Selain wisata, banyak penumpang yang datang dengan tujuan bisnis, keluarga, sekolah, dinas dan alasan lainnya.

"Namun, untuk tujuan wisata tercatat hanya sekitar 25 persen saja. Bagi kami, ini angka yang cukup kecil, karena kami yakin Yogya bisa menangkap peluang wisatawan lebih dari itu. Apalagi nanti setelah YIA beroperasi penuh," jelas Pandu.

Bersama sejumlah stakeholder, pemerintah daerah dan sejumlah pelaku serta penggiat pariwisata, Angkasa Pura I mencanangkan pada 2020 mendatang dapat mendatangkan 1 juta wisatawan mancanegara. Berdasarkan data statistik Dinas Pariwisata DIY, tercatat kunjungan wisatawan mancanegara ke Yogyakarta pada 2018 hanya mencapai 416.000 wisman atau hanya tumbuh sekitar 5 persen dari tahun sebelumnya.

"Kami harap dengan adanya YIA ini, bisa lebih banyak wisatawan mancanegara yang akan turun di Yogyakarta," imbuh Pandu.

3. Jam operasional YIA bakal ditambah

Yogyakarta International Airport Siap Datangkan 1 Juta Wisatawan AsingIDN Times/Holy Kartika

Yogyakarta International Airport resmi dibuka pada 6 Mei 2019. Awal operasional bandara ini semula dijadwalkan dari pukul 06.00 WIB hingga 16.00 WIB. Pandu menjelaskan pada Januari 2020 mendatang, jam operasional bandara tersebut akan ditambah.

Nantinya, setelah pengalihan penerbangan domestik dari Bandara Adisutjipto ke YIA pada pertengahan Januari 2020, maka jam operasionalnya akan bertambah. Bandara baru Yogyakarta ini akan beroperasi dari pukul 05.00 WIB sampai 23.00 WIB.

"Sedangkan di bulan April 2020, saat full operational bandara YIA akan beroperasi 24 jam melayani penerbangan domestik dan internasional," imbuh General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta itu.

Baca Juga: Incar Manfaat Bandara YIA, Purworejo Bangun Rest Area Rp 1,5 Miliar

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You