Wayang Jogja Night Carnival Kembali Digelar, Kenalkan Cerita Kapi-Kapi

Ajak anak-anak mengenal karakter wayang

Yogyakarta, IDN Times - Semarak budaya bakal memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun ke-263 Kota Yogyakarta. Puncak perayaan HUT Kota Yogyakarta ini bakal dibalut pawai bertajuk Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #4 pada Senin (7/10) mendatang.

Show Director WJNC, Yetti Martanti mengungkapkan setiap tahun WJNC selalu menjadi acara tahunan terbesar bagi Kota Yogyakarta. Acara ini selalu diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Kota Yogyakarta.

"Progres karnaval ini setiap tahunnya selalu menarik dan secara konsisten, acara ini selalu menghadirkan partisipasi yang luar biasa dari masyarakat Kota Yogyakarta," ungkap Yetti, di Kantor Diskominfo Kota Yogyakarta, Kamis (3/10).

1. Diikuti masyarakat dari 14 kecamatan

Wayang Jogja Night Carnival Kembali Digelar, Kenalkan Cerita Kapi-KapiIDN Times/Holy Kartika

Setiap tahun, Wayang Jogja Night Carnaval (WJNC) selalu dimeriahkan dan diikuti oleh masyarakat Kota Yogyakarta di 14 kecamatan. Yetti mengungkapkan peran serta masyarakat selalu meningkat setiap tahunnya.

Kurang lebih jumlah peserta yang memeriahkan dan meramaikan acara ini lebih dari 1.400 orang. Seluruhnya adalah warga Kota Yogyakarta yang setiap tahun selalu antusias berpartisipasi memeriahkan HUT Kota Yogyakarta.

"Tentunya acara ini menjadi acara yang sangat unik dan menarik, karena seluruh pesertanya adalah warga Kota Yogyakarta," ujar Yetti.

Baca Juga: Hari Batik Nasional, Pelajar Di Yogyakarta Gelar Fashion Show

2. Kenalkan lagi cerita wayang Kapi-Kapi

Wayang Jogja Night Carnival Kembali Digelar, Kenalkan Cerita Kapi-KapiIDN Times/Holy Kartika

Cerita Kapi-Kapi atau bala tentara kera dalam cerita Ramayana ini merupakan cerita anak yang hanya dimiliki Yogyakarta. Selama ini toko kera dalam cerita pewayangan hanya terkenal sosok Hanoman, Sugriwa dan Subali.

"Ide untuk mengangkat lagi Wayang Kapi-kapi adalah berawal dari kegelisahan Ngarso Dalem [Sri Sultan HBX], akan karakter wayang yang kini mulai tak dikenal anak-anak zaman sekarang," ujar seniman sekaligus tim kreatif WJNC, KPH Notonegoro.

Upaya mengenalkan dan mengangkat lagi Wayang Kapi-kapi ini dikemas dengan karnaval yang nantinya diharapkan dapat menarik pengunjung Wayang Jogja Night Carnival. Terutama dalam memperkenalkan setiap karakter setiap tokoh wayang Kapi-kapi.

"Nantinya setiap kecamatan akan menampilkan satu karakter wayang Kapi-kapi, jadi akan ada 14 karakter wayang kapi-kapi yang akan tampil dalam karnaval ini. Kami berharap karakter-karakter wayang ini dapat menjadi idola bagi anak-anak Yogyakarta," jelas Notonegoro.

3. WJNC jadi magnet wisata baru

Wayang Jogja Night Carnival Kembali Digelar, Kenalkan Cerita Kapi-KapiIDN Times/Holy Kartika

Karnaval ini setiap tahunnya selalu berhasil menyedot perhatian warga Kota Yogyakarta dan kabupaten lain, serta wisatawan domestik maupun mancanegara. Yetti berharap acara ini dapat menjadi bagian dari kalender pariwisata Indonesia.

"Sehingga nantinya dapat menjadi salah satu atraksi wisata yang dimiliki Yogyakarta, dan Indonesia. Kami juga berharap dapat menjadi salah satu produk atraksi wisata yang dapat dikemas sebagai paket wisata oleh para pelaku wisata," jelas Yetti.

Acara ini nantinya akan difokuskan di sepanjang Jalan Margoutomo atau Jalan Mangkubumi. Wayang Jogja Night Carnival #4 akan digelar mulai pukul 18.30 WIB di mulai dari Tugu Pal Putih dan dapat dinikmati warga di sepanjang Jalan Margoutomo.

Baca Juga: Serunya Ngopi Gratis di Malioboro Coffee Night #3

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya