Surat Lamaran Pendaftar CPNS Kota Yogyakarta Banyak Salah Alamat

Beberapa formasi CPNS Kota Yogyakarta sepi pelamar

Kota Yogyakarta, IDN Times - Siap-siap, pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sudah mau berakhir beberapa hari lagi. Nah, teliti lagi persyaratan pendaftaran di masing-masing instansi, ya! Jangan sampai salah alamat, seperti yang banyak terjadi di instansi Pemerintah Kota Yogyakarta.

Sejak pendaftaran mulai dibuka 11 November lalu, Badan Kepegawaian dan Pendidikan Pelatihan (BKPP) Kota Yogyakarta menemukan beberapa kesalahan dari para pelamar CPNS.

"Kami mengimbau kepada para pelamar CPNS untuk lebih teliti dan membaca lagi setiap aturan yang dikeluarkan setiap instansi pemerintahan. Karena setiap instansi itu persyaratannya berbeda," ujar Kabid Pengembangan Aparatur BKPP Kota Yogyakarta, Ari Iryawan ditemui Kamis (21/11).

Baca Juga: Sulit Mendapatkan Surat Sehat dari RS, Pendaftar CPNS Terancam Gagal

1. Banyak surat lamaran salah alamat

Surat Lamaran Pendaftar CPNS Kota Yogyakarta Banyak Salah AlamatKabid Pengembangan Aparatur BKPP Kota Yogyakarta, Ari Iryawan. IDNTimes/Holy Kartika

Ari mengungkapkan banyak pelamar tidak teliti pada persyaratan instansi yang akan dilamar. Kasus yang banyak ditemuinya banyak pelamar yang menyamakan instansi Pemerintah Provinsi DIY dan Pemerintah Kota Yogyakarta.

"Kami temui surat lamaran yang seharusnya kepada Walikota Yogyakarta malah ditujukan ke Gubernur DIY. Jelas ini salah alamat, karena mungkin mereka mau melamar di Provinsi DIY, malah masuk ke Pemkot Yogyakarta," ungkap Ari.

Setiap instansi pemerintahan yang membuka pendaftaran CPNS memiliki ketentuan dan syarat yang berbeda-beda. Kendati demikian, setiap instansi telah menyertakan dokumen template seperti surat lamaran dan surat pernyataan yang dapat diunduh di setiap laman resmi instansi.

Untuk kamu yang mendaftar CPNS di lingkungan Pemkot Yogyakarta bisa mengunduh syaratnya di sini. Sedangkan untuk kamu yang melamar CPNS di lingkungan Pemda DIY dapat mengunduh dokumen template surat lamaran di sini.

2. Ini 5 jabatan CPNS paling diminati

Surat Lamaran Pendaftar CPNS Kota Yogyakarta Banyak Salah AlamatBertha saat mengajar murid-muridnya di SD Filial 004. Letaknya di tengah hutan pinggiran Samarinda (IDN Times/Yuda Almerio)

Pada pembukaan CPNS 2019 ini, Pemerintah Kota Yogyakarta menyediakan 419 formasi CPNS dengan berbagai posisi jabatan. Ari mengungkapkan hingga hari ini  Kamis (21/11) per pukul 09.42 WIB, sudah ada 1.581 pelamar yang melakukan pendaftaran dan baru 315 pelamar yang melengkapi dokumen. Berikut ini 5 jabatan yang paling diminati

  1. Analis Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan
  2. Pamong Budaya
  3. Bidan
  4. Guru IPA SMP
  5. Perawat

3. Fisikawan Medis belum banyak alumninya

Surat Lamaran Pendaftar CPNS Kota Yogyakarta Banyak Salah AlamatInstagram / @pemkotjogja

Dari sejumlah formasi dan jabatan yang disediakan Pemerintah Kota Yogyakarta, ada beberapa jabatan yang justru sepi peminat. Bahkan, hingga saat ini, posisi jabatan tersebut belum ada pendaftar.

"Ada banyak kemungkinan (belum ada pendaftar, red). Bisa karena persyaratannya belum ada atau belum bisa dipenuhi. Tapi seperti jabatan Fisikawan Medis, kemungkinan karena alumninya juga belum banyak," ungkap Ari.

Ini sembilan jabatan yang belum diisi pendaftar sejak pembukaan CPNS dibuka 11 November 2019 lalu.

  1. Pranata Pemadam Kebakaran
  2. Penyusun Bahan Bantuan Hukum
  3. Fasilitator Kemitraan
  4. Analis bahan penempatan tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja
  5. Fisikawan Medis
  6. Psikolog Klinis
  7. Polisi Pamong Praja
  8. Arsiparis
  9. Perancang peraturan perundang-undangan

Baca Juga: Menpan-RB Turunkan Nilai Kelulusan CPNS 2019, Ini Bocoran Soal Tesnya

Topik:

  • Febriana Sintasari
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya