Pemkab Sleman Berharap Calender of Event 2020 Dongkrak Wisatawan

Ada 150 event bakal meriahkan Sleman sepanjang 2020

Sleman, IDN Times-Tingkatkan kunjungan wisatawan pada 2020 mendatang, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman meluncurkan Calender of Event Sleman 2020. Sejumlah acara di penghujung 2019 mulai diinformasikan. 

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Sudarningsih mengungkapkan diluncurkannya Calender of Event Sleman 2020 ini bertujuan untuk memberikan informasi awal kepada masyarakat dan wisatawan yang berencana mengunjungi Sleman tahun depan. Berbagai kegiatan selama setahun telah dirangkum untuk memudahkan perencanaan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara yang akan berkunjung.

"Selain diluncurkan dalam bentuk hard copy, kami juga telah menyediakan versi digital. Sehingga, dapat dimanfaatkan para pelaku wisata dan penggiat pariwisata untuk keperluan promosi dan lain sebagainya," ujar Sudarningsih dalam Peluncuran Calender of Event Sleman 2020 di Jogja City Mall, Rabu (4/12).

Baca Juga: Bertabur Musisi Luar & Dalam Negeri, 7 Potret Prambanan Jazz #5 2019

1. Sepanjang diramaikan 150 event

Pemkab Sleman Berharap Calender of Event 2020 Dongkrak WisatawanKepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Sudarningsih. IDNTimes/Holy Kartika

Sudarningsih mengatakan informasi acara tidak hanya yang diadakan Pemda Sleman, tetapi juga yang diadakan oleh masyarakat, komunitas seni dan organisasi olahraga lainnya. 

"Bukan hanya event seni dan budaya saja, tetapi juga sport tourism. Dari Maret sampai Desember 2020,  total 150 event yang akan digelar," ungkap Sudarningsih.

Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Sleman, Purwatno Widodo saat membacakan sambutan Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan Calender of Event Sleman 2020 diharapkan akan memperlancar kegiatan promosi wisata yang ada di kabupaten ini.

"Saya berharap desa di Sleman bisa menjadi destinasi pariwisata dengan keunikan masing-masing. Sebagaimana menjadi komitmen kami untuk mewujudkan Yogyakarta Istimewa," ujar Purwatno.

2. Deretan acara sport tourism Sleman paling dinanti

Pemkab Sleman Berharap Calender of Event 2020 Dongkrak WisatawanIDNTimes/Holy Kartika

Ada ratusan event yang akan diselenggarakan di wilayah Kabupaten Sleman. Namun, daya tarik sport tourism yang dimiliki kabupaten ini menjadi ajang yang paling dinanti oleh wisatawan pencinta petualangan.

"Sport tourism menjadi kegiatan paling banyak yang digelar. Di antaranya ada Volcano Run, Tour de Sleman, Le Velo de Garuda, Sleman Temple Run hingga Jogja International Heritage Walk dan lain sebagainya," jelas Sudarningsih.

Sudarningsih menambahkan tahun depan tidak saja akan menampilkan event ikonik, Sejumlah acara berskala nasional hingga internasional dijadwalkan akan memeriahkan sepanjang tahun 2020.

"Nanti akan ada konferensi polisi wanita dunia, International Association Woman Police (IAWP) 2020, pertama di Indonesia akan digelar di Sleman pada bulan September. Kami juga bekerjasama dengan Kedutaan Besar India untuk menggelar Prambanan International Yoga Day," papar Sudarningsih.

3. Dorong peningkatan spending money wisatawan

Pemkab Sleman Berharap Calender of Event 2020 Dongkrak WisatawanIDNTimes/Holy Kartika

Tahun depan, Dinas Pariwisata Sleman menargetkan tidak saja meningkatkan kunjungan dengan berbagai event yang telah dikemas dalam Calender of Event. Akan tetapi, juga upaya untuk meningkatkan value dan kreativitas atraksi wisata yang ditampilkan.

"Selain itu, terpenting juga lenght of stay [lama tinggal wisatawan] dan spending money dari wisatawan yang berkunjung," jelas Sudarningsih.

Sesuai dengan target kunjungan wisatawan, tahun ini, Sudarningsih optimis target kunjungan wisatawan dapat terpenuhi. Di mana, tahun ini Bupati Sleman menargetkan kunjungan wisatawan 10 juta wisatawan. 

"Akhir tahun nanti masih ada berbagai festival memeriahkan Tahun Baru, kami yakin bisa mencapai 1 juta wisatawan, sehingga tercapai target 10 juta wisatawan. Tahun depan diharapkan bisa melampaui 10 juta wisatawan dengan berbagai event baru yang akan digelar nanti sepanjang 2020," jelas Sudarningsih.

Baca Juga: Pesona Kampung Flory, Desa Wisata yang Sejuk di Pusat Kota Sleman

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya