Ini Persiapan KAI Daop 6 Hadapi Lonjakan Penumpang dari YIA

KA Reguler juga bakal layani akses ke Stasiun Wojo, lho!

Yogyakarta, IDN Times – Transportasi menuju Yogyakarta International Airport (YIA) masih menjadi pekerjaan rumah untuk memudahkan akses penumpang ke bandara baru tersebut. Salah satu moda transportasi yang dinanti adalah kereta api.

Rencananya, akhir tahun 2019, PT Angkasa Pura I menargetkan seluruh penerbangan domestik di Bandara Internasional Adisutjipto akan dipindahkan seluruhnya. Secara otomatis, semakin banyak penumpang yang harus diangkut, baik menuju Kota Yogyakarta maupun daerah sekitarnya.

"Informasi yang kami terima, sampai akhir tahun akan ada penambahan penerbangan yang signifikan. Untuk mengakomodir itu, kami juga melakukan sejumlah persiapan, termasuk kereta api untuk mengangkut penumpang," ujar EVP KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Purwanto, Senin (12/8).

1. Pola operasi kereta api dipersiapkan matang

Ini Persiapan KAI Daop 6 Hadapi Lonjakan Penumpang dari YIAIDN Times/Holy Kartika

Sejak 1 Agustus, jumlah penerbangan di Yogyakarta International Airport semakin bertambah. Saat ini, ada sekitar enam penerbangan yang sudah dibuka. Namun, KA Bandara yang dioperasikan sejak Mei lalu baru melayani satu kali rute perjalanan pergi pulang.

"Nantinya, kereta api ini akan melayani beberapa perjalanan, namun sementara masih satu dedicate," ungkap Eko.

KA Bandara yang saat ini beroperasi melayani penumpang dari Stasiun Maguwo ke Stasiun Wojo, Purworejo. Eko mengungkapkan pola operasi KA Bandara sudah dipersiapkan untuk mengantisipasi naiknya jumlah penumpang pesawat yang akan menuju YIA.

Baca Juga: 4 Upaya untuk Mendorong Ekonomi DIY Pasca Pembangunan Bandara YIA

2. Operasikan KA Reguler untuk layani penumpang YIA

Ini Persiapan KAI Daop 6 Hadapi Lonjakan Penumpang dari YIAIDNTimes/Holy Kartika

Kendati operasional KA Bandara masih terbatas satu kali perjalanan bolak-balik, namun PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 memberikan alternatif transportasi untuk bisa menuju YIA. Salah satunya dengan mengoperasikan beberapa kereta api reguler yang juga akan berhenti di Stasiun Wojo.

"Kami sudah menyediakan kereta api reguler untuk melayani penumpang YIA. Kereta-kereta tersebut akan berhenti di Stasiun Wojo," jelas Eko.

Kereta api reguler yang berhenti di Stasiun Wojo antara lain Solo Express, Joglosemar dan beberapa kereta reguler lain dengan perjalanan yang disesuaikan dengan jam penerbangan pesawat di YIA.

"Untuk tarif, nanti akan menyesuaikan kebijakan dari KA Reguler, tetapi tarifnya juga tidak jauh berbeda," imbuh Eko.

3. KAI siapkan 1 lagi rangkaian kereta

Ini Persiapan KAI Daop 6 Hadapi Lonjakan Penumpang dari YIAIDN Times/Holy Kartika

Eko menambahkan jumlah penumpang kereta api semakin meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan, data per Juli lalu, jumlah penumpang kereta api yang naik dari wilayah Daop 6 tercatat mencapai lebih dari 5,7 juta penumpang.

"Program kami tahun ini, hingga akhir tahun paling tidak bisa mencapai 9,8 juta penumpang. Jumlah penumpang akan melonjak, sejalan dengan dioperasikannya bandara baru di Kulon Progo," papar Eko.

Untuk mendukung KA Bandara, KAI Daop 6 juga menyiapkan lagi satu rangkaian kereta api yang kini sedang dikerjakan interior dan eksteriornya di Balai Yasa Yogyakarta. Eko mengungkapkan rangkaian kereta tambahan ini dioperasikan untuk mengantisipasi kenaikan jumlah penumpang pesawat, sejalan dengan banyaknya penerbangan yang akan dioperasikan di YIA.

4. Penataan sejumlah stasiun di wilayah Daop 6

Ini Persiapan KAI Daop 6 Hadapi Lonjakan Penumpang dari YIAIDN Times/Tunggul Kumoro

Tahun ini, penataan sejumlah stasiun di wilayah Daerah Operasi 6 Yogyakarta akan dilakukan PT KAI. Penataan tersebut, antara lain perbaikan fasilitas hingga penambahaan fasilitas untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang kereta api.

"Ruang tunggu penumpang KA Bandara sudah beroperasi 100 persen. Nantinya fasilitas di sejumlah stasiun yang melayani naik turun penumpang juga akan diperbaiki dan ditingkatkan. Itu program kami tahun ini," imbuh Eko.

Baca Juga: Dekati Millennial, PT KAI Gelar Turnamen Mobile Legends dan Free Fire

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You