Comscore Tracker

Fisipol UGM, Kampusnya para Calon Birokorat

Mengenal kampusnya Menteri Retno Marsudi

Sleman, IDN Times- Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi salah satu kampus bergengsi dan paling diminati di Indonesia. Nama besar kampus yang berdiri sejak 1949 ini sudah mencetak banyak tokoh besar nasional.

Salah satu fakultas yang telah banyak menelurkan orang-orang besar di negara ini yakni Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) UGM. Seperti dilansir dari laman fisipol.ugm.ac.id, fakultas ini berdiri sejak 19 September 1955.

1. Sebelumnya bernama Akademi Ilmu Politik

Fisipol UGM, Kampusnya para Calon BirokoratSumber Gambar: kresnobagus.deviart.com

Sebelum populer bernama Fisipol, kampus ini sebelumnya dikenal sebagai Akademi Ilmu Politik. Di awal masa kemerdekaan, institusi pendidikan ini didirikan untuk mendidik para calon birokrat pemerintah di bidang dalam negeri, penerangan, dan luar negeri.

Selain itu, di awal berdirinya kampus perjuangan ini, studi ilmu sosial dan politik berada dalam satu fakultas dengan ilmu hukum dan ekonomi. Barulah pada 1955, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dibentuk secara terpisah yang kemudian berubah nama menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik atau disingkat FISIPOL.

Baca Juga: 13 Mitos yang Dipercaya Mahasiswa UGM Sejak 1900

2. Punya visi jadikan Indonesia negara maju pada 2050

Fisipol UGM, Kampusnya para Calon Birokoratyouthmanual.com

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UGM memiliki enam departemen. Antara lain Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Manajemen Kebijakan Publik, Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan, Sosiologi serta Politik dan Pemerintah, yang mana fakultas ini memiliki tiga jenjang program pendidikan, yakni sarjana, master dan doktoral.

Fakultas ini memiliki visi menjadi fakultas bereputasi internasional yang mampu mendorong kemajuan bangsa menuju Indonesia sebagai negara maju pada 2050. Dengan misi, mendidik bangsa menjadi manusia unggul dalam membangun bangsa dan mengembangkan penelitian inovatif yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa.

3. Gudangnya sejumlah tokoh nasional

Fisipol UGM, Kampusnya para Calon BirokoratIDN Times/Dhana Kencana

Sebagai salah satu fakultas favorit, Fisipol UGM telah berhasil melahirkan banyak alumni yang telah memberikan kontribusi besar terhadap Indonesia. Kontribusi dalam membangun negeri ini, telah banyak diwujudkan di berbagai bidang.

Bahkan, tidak sedikit alumni fakultas ini yang menduduki jabatan penting di pemerintahan seperti kementerian. Sebut saja beberapa tokoh seperti Andi Alfian Mallarangeng, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Yahya Muhaimin, mantan Menteri Pendidikan Nasional, Priyo Budi Santoso, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Muhaimin Iskandar, Menteri Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Mantan Walikota Yogyakarta, Herry Zudianto dan Retno Lestari Priansari Marsudi, Menteri Luar Negeri.

4. Borong berbagai prestasi

Fisipol UGM, Kampusnya para Calon BirokoratIDN Times/Nindias Khalika

Tak hanya berhasil melahirkan tokoh-tokoh penting negeri ini, sederet prestasi juga berhasil ditorehkan kampus ini. Sepanjang tahun 2019, sejumlah prestasi berhasil dipersembahkan mahasiswa Fisipol UGM.

Antara lain medali perak yang berhasil diperoleh tiga mahasiswa Fisipol UGM angkatan 2017 di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 32 di Bali pada 27-30 Agustus 2019 lalu. Sejumlah ajang berkelas internasional juga banyak diiikuti mahasiswa Fisipol UGM, salah satunya Kompetisi tersebut bertajuk ASEANDSE (ASEAN Data Science Explorers) yang diikuti dua mahasiswa Fisipol di Singapura, serta berbagai prestasi lainnya.

Baca Juga: Tak Hanya Untuk Belajar, 8 Spot di UGM Ini Juga Kece Buat Foto-Foto

Topic:

  • Febriana Sintasari

Just For You