Comscore Tracker

Brian McKnight dan Anggun Tutup  Prambanan Jazz 2019

John Legend tertarik juga lho manggung tahun depan

Sleman, IDN Times-Aksi panggung Brian McKnight dan Anggun berhasil menghipnotis penonton Prambanan Jazz 2019 di Rorojonggrang Stage. Lagu-lagu romantis legendaris berhasil mengobati kerinduan penggemar mereka dari segala usia.

Hari terakhir Prambanan Jazz 2019, Minggu (7/7) sederet musisi kenamaan Indonesia tampil memukau di panggung festival, Hanoman Stage. Antara lain MLD Jazz Project, Andien, Bali Lounge, Ari Lasso, Glenn Fredly dan Tulus menutup dengan meriah Prambanan Jazz 2019 di Hanoman Stage.

Baca Juga: 9 Potret Aksi Panggung Maliq & D'Essentials di Prambanan Jazz 2019

1. Hari terakhir 25.000 orang padati panggung Prambanan Jazz 2019

Brian McKnight dan Anggun Tutup  Prambanan Jazz 2019Istimewa

Prambanan Jazz Festival 2019 akhirnya berhasil terlaksana selama tiga hari yaitu mulai tanggal 5-7 Juli 2019 di Komplek Candi Prambanan. Puluhan ribu penonton yang berdatangan dari banyak daerah di Indonesia dan beberapa negara di dunia.

CEO Rajawali Indonesia, Anas Syahrul Alimi mengatakan antusias penonton Prambanan Jazz Festival 2019 di hari terakhir sangatlah besar, bahkan hal yang sama pun terjadi dua hari sebelumnya.

"Pada hari ketiga setidaknya lebih dari 25.000 pengunjung menjadi saksi di mana proses kolaborasi mahakarya musik dan Candi Prambanan sebagai World Heritage disuguhkan dalam satu waktu," ungkap Anas.

2. Penonton Prambanan Jazz 2019 dari mancanegara semakin meningkat

Brian McKnight dan Anggun Tutup  Prambanan Jazz 2019IDNTimes/Holy Kartika

Lima kali penyelenggaraan festival musik berskala internasional, berhasil menarik perhatian penikmat musik dunia. Anas mengungkapkan penonton Prambanan Jazz dari luar negeri mengalami kenaikan hingga 60 persen pada tahun ini. 

"Tahun ini jumlah penonton mancanegara naik sebanyak 60 persen dan kebanyakan mereka berasal dari Tiongkok, India, Arab dan masih banyak lagi," ungkap Anas.

Anas mengatakan fenomena tersebut merupakan sebuah raihan yang sangat luar biasa, di mana mimpi besar yang ada di dalam Prambanan Jazz sampai hari ini mendapatkan perhatian yang lebih besar dari masyarakat dunia. Selain karena line up dan konsep-konsep yang selalu kami tawarkan di setiap tahunnya, ketertarikan masyarakat dunia untuk menyaksikan Prambanan Jazz tentunya karena Candi Prambanan sendiri. 

"Kami berharap, dengan segala upaya besar yang kami lakukan selama ini bisa mengangkat nama Indonesia di dunia internasional,” jelas Anas.

3. Candi Prambanan kian jadi perhatian dunia

Brian McKnight dan Anggun Tutup  Prambanan Jazz 2019IDNTimes/Holy Kartika

Candi Prambanan menjadi landmark dari gelaran festival musik tahunan ini. Prambanan Jazz sukses membawa situs bersejarah ini ke ranah internasional, sehingga tak heran banyak mata mulai tertuju pada candi yang telah berusia ribuan tahun itu.

Setelah nama-nama musisi besar dunia seperti Kenny G, Boyz II Men, Rick Price, Boyzone hingga Brian McKnight, sejumlah musisi lainnya juga mulai tertarik untuk bisa bergabung di panggung Prambanan Jazz. "Kami juga sempat mendapat informasi bahwa John Legend juga menyatakan ketertarikannya pada Prambanan Jazz," ungkap Anas. 

Ari Lasso pun tak menampik daya tarik Prambanan Jazz telah memberikan energi positif yang besar. Festival ini menurutnya sudah mendapatkan tempat tersendiri di benak khalayak musik Indonesia maupun dunia. Tak hanya itu, tingkat kesadaran masyarakat terhadap Candi Prambanan sebagai salah satu situs bersejarah dunia pun semakin besar, bahkan akan terus berkembang jika mimpi besar yang ada di dalamnya terus dijaga.

“Jika melihat Prambanan Jazz seperti ini, ke depannya akan sangat luar biasa. Saya sudah dua kali bermain di sini. Tahun lalu bersama Dewa 19, tahun ini saya sendiri. Dan pada tahun ini saya melihat penonton mancanegara lebih besar dari tahun sebelumnya. Ini luar biasa,” ujar Ari Lasso. 

Baca Juga: Prambanan Jazz 2019 Digelar, Hotel-hotel di Yogyakarta Kebanjiran Tamu

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya