Comscore Tracker

Arus Mudik-Balik, Penumpang Naik dari Yogyakarta Capai 450.000 Orang

KAI Daop 6 perpanjang operasional KA Purwosari Lebaran

Ygyakarta, IDN Times - Arus balik Lebaran pemudik yang menggunakan angkutan kereta api diprediksi masih akan tinggi hingga Minggu (16/6) mendatang. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta memperpanjang operasional KA Purwosari Lebaran.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengungkapkan jumlah penumpang pada masa arus balik, terutama di wilayah Daop 6 Yogyakarta masih cukup tinggi.

1. Puncak arus balik penumpang kereta api hingga H+10

Arus Mudik-Balik, Penumpang Naik dari Yogyakarta Capai 450.000 OrangIDN Times/Holy Kartika

Volume penumpang yang menggunakan transportasi kereta api sangat tinggi. Terutama di wilayah Daop 6 yang meliputi wilayah Yogyakarta dan Surakarta.

"Kedatangan penumpang masih sangat tinggi, sehingga kami masih akan siaga sampai H+10," ujar Edi ditemui di sela perayaan hari jadi Loko Coffee Shop Malioboro, Senin (10/6).

Edi mengungkapkan PT KAI akan terus siaga tidak hanya dalam memberikan pelayanan untuk para penumpang, tetapi juga kesiapan armada untuk mengangkut para pemudik yang akan kembali ke daerah asal.

Baca Juga: Ratusan Pemudik Mulai Tinggalkan Bantul Melalui Terminal

2. Per hari penumpang yang naik dari Stasiun Yogyakarta mencapai 38.000 orang

Arus Mudik-Balik, Penumpang Naik dari Yogyakarta Capai 450.000 OrangIDN Times/Holy Kartika

Kepala KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Purwanto menambahkan per hari voume penumpang, baik yang naik maupun turun dari stasiun yang ada di wilayah ini masih sangat tinggi. Pada Sabtu lalu, per hari volume penumpang yang naik mencapai 38.000 orang.

"Demikian juga volume penumpang yang turun di Stasiun Yogyakarta. Hari ini saja yang naik dari Yogyakarta masih 38.000 sampai 39.000 penumpang," ungkap Eko.

Jumlah penumpang terus mengalami peningkatan, bahkan sejak dimulainya masa angkutan mudik Lebaran. Total sampai saat ini, kata Eko, jumlah penumpang yang baik dari Yogyakarta saja mencapai 450.000 penumpang, baik pengguna KA reguler, KA Lokal maupun KA tambahan Lebaran.

3. Daop 6 Perpanjang Operasional KA Purwosari Lebaran

Arus Mudik-Balik, Penumpang Naik dari Yogyakarta Capai 450.000 OrangIDN Times/Holy Kartika

Tingginya animo masyarakat pada moda transportasi kereta api, terutama saat masa arus balik Lebaran, PT KAI Daop 6 akan memperpanjang beroperasinya KA Purwosari Lebaran. Satu rangkaian kereta yang mampu mengangkut 106 penumpang ini akan berangkat dari Stasiun Purwosari menuju Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

Menurut Eko, kereta api ini semestinya dioperasikan hingga hari ini. Namun melihat permintaan penumpang kereta api tujuan perjalanan ke Jakarta sangat tinggi, kereta api ini dioperasikan lebih lama dan akan beroperasi dua hari sekali.

"Rencananya akan dioperasikan hingga tanggal 16 Juni 2019. Saat ini okupansi kereta tersebut juga penuh, tiket sudah mulai terjual," jelas Eko.

Baca Juga: Arus Balik 2019: H+3 Lebaran, Pemudik Siap-Siap Kembali ke Kota Asal

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya