Angkasa Pura I Bakal Boyong Armada Baru Fire Truck ke YIA

AP I juga persiapkan ketangguhan dan kesiagaan personel ARFF

Sleman, IDN Times - PT Angkasa Pura I bakal hadirkan armada baru dari Amerika Serikat ke Yogyakarta International Airport (YIA) untuk personel Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF). Selain itu, guna mendukung Pelayanan Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK), Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta terus meningkatkan ketangguhan para personel ARFF.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama mengungkapkan ARFF merupakan bagian dari pelayanan Angkasa Pura I di bandara ini. Untuk mempersiapkan ketangguhan fisik para personel ARFF menjelang pengamanan masa angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 digelar ARFF Challange 2019, Selasa (17/12).

"Kegiatan ini dikemas dengan kompetisi ketangkasan yang diikuti 32 personel ARFF Bandara International Adisutjipto. Melalui kegiatan ARFF Challenge 2019 ini, para personel ini harus bisa meyakinkan ketangguhan fisiknya, knowledge serta keterampilan menggunakan peralatan PKP-PK," ujar Pandu.

Baca Juga: Aksesibilitas ke Bandara Belum Lengkap, Operasional YIA Mundur

1. Fire truck dari Amerika siap diboyong ke YIA

Angkasa Pura I Bakal Boyong Armada Baru Fire Truck ke YIASalah satu armada fire truck yang dimiliki Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta saat ini. IDN Times/Holy Kartika

Belum lama ini, Pandu mengungkapkan pembelian sejumlah fire truck dari AS. Armada pemadam kebakaran pabrikan Negeri Paman Sam ini memiliki sistem yang canggih dan telah digunakan di sejumlah bandara besar di dunia, baik di Amerika maupun Eropa.

"Kami sudah membeli mobil pemadam kebakaran yang standarnya internasional. Ada 13 unit yang kami pesan, nantinya dua unit akan diboyong ke YIA dan satu unit ke Bandara Adisutjipto," jelas Pandu.

Fire truck ini memiliki sistem operasional yang canggih. Menurut Pandu, mobil ini memiliki kapasitas penyimpanan air hingga 12.500 liter. Personel ARFF terlatih nantinya akan mendapatkan keterampilan tambahan untuk bisa mengoperasikan kendaraan ini.

"Mobil sudah dikirim pada bulan Desember ini. Kami harap bisa semakin memberikan peningkatan pelayanan, baik di YIA maupun Bandara Adisutjipto nantinya," imbuh Pandu.

2. Persiapkan tim ARFF untuk layani pesawat besar di YIA

Angkasa Pura I Bakal Boyong Armada Baru Fire Truck ke YIAGeneral Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama saat memaparkan tentang kesiagaan tim Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF), Selasa (17/12/2019). IDN Times/Holy Kartika

Lebih lanjut Pandu memaparkan kesiagaan personel ARFF juga dipersiapkan lebih baik, mengingat sebagian dari anggota ARFF di Bandara International Adisutjipto Yogyakarta akan ditransfer ke Yogyakarta International Airport, Kulon Progo.

"Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan personel ARFF yang lebih baik di sana [YIA]. Karena YIA nanti akan menjadi bandara internasional dengan kategori 9, sedangkan saat ini Bandara Adisutjipto baru termasuk kategori B," ungkap Pandu.

Yogyakarta International Airport nantinya akan menjadi bandara internasional yang melayani berbagai penerbangan. Termasuk akan didarati pesawat wide body berkapasitas lebih dari 300 kursi setiap pesawatnya.

"Karena itu, sebagian personel ARFF di Bandara Adisutjipto ini akan dipindah ke YIA. Karena pesawat besar di sana memerlukan perlakuan khusus yang sesuai standarnya," papar Pandu.

3. Persiapan jelang posko Natal dan Tahun Baru

Angkasa Pura I Bakal Boyong Armada Baru Fire Truck ke YIAIDN Times/Holy Kartika

Untuk persiapan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, PT Angkasa Pura I akan mengerahkan sebanyak 100 personel di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

Sedangkan untuk pengamanan keselamatan akan dikerahkan dari tim ARFF. Kurang lebih personel ARFF yang ikut serta dalam ARFF Challenge 2019 ini ada 32 orang.

"Tugas personel ARFF dituntut memiliki fisik dan ketangkasan yang cakap, karena saat terjadi kecelakaan, mereka harus siaga. Sehingga kegiatan ini dapat menjadi salah satu bentuk latihan, tetapi dikemas dengan kompetisi yang menyenangkan," jelas Pandu.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: PT Angkasa Pura 1 Genjot Pengerjaan Interior Bandara YIA

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya