Aksesibilitas ke Bandara Belum Lengkap, Operasional YIA Mundur

Tiga bandara di Jateng dan DIY terhubung tol

Yogyakarta, IDNTimes-Mundurnya operasional Yogyakarta International Airport (YIA) disebabkan terkendala belum maksimalnya aksesibilitas menuju bandara baru itu.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi mengungkapkan operasional penuh Yogyakarta International Airport awalnya direncanakan akhir Januari 2020. Kendati demikian aksesibilitas menjadi pertimbangan mundurnya rencana tersebut. Operasional penuh YIA akhirnya ditetapkan pada akhir Maret 2019.

"Maka dari itu, kami coba kumpulkan stakeholder terkait aksesibilitas YIA. Paling tidak nanti ketika dioperasikan, walaupun kereta yang langsung menuju bandara belum selesai, sudah ada solusi yang nyaman dari sisi transportasi yang disediakan," kata Faik ditemui di FGD Key Success Factor Optimalisasi YIA Adalah Aksesibilitas yang Baik di Swiss-Belboutique Hotel, Jumat (13/12).

Baca Juga: Operasional Penuh Bandara YIA Mundur dari Target Awal 

1. YIA ditargetkan layani 600.000 penumpang per bulan.

Aksesibilitas ke Bandara Belum Lengkap, Operasional YIA MundurCalon penumpang di Yogyakarta International Airport. IDN Times/Holy Kartika

Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I, Devy Suradji mengatakan Yogyakarta International Airport ditargetkan bisa menampung 600.000 penumpang atau calon penumpang setiap bulannya. Untuk itu, peran ground transportation dalam memberikan aksesibilitas ke YIA sangatlah penting.

Devy menambahkan layanan angkutan umum adalah backbone dari peranan aksesibilitas. Menurut dia, kuncinya ada di jadwal layanan operasi.

"Karena penumpang butuh informasi tentang angkutan umum ke YIA, kalau saya ketinggalan kereta atau bus, nanti saya akan nunggu berapa menit lagi. Jadi mereka juga bisa menghitung berapa lama waktu ke bandara," jelas Devy.

2. Aksesibilitas jalan tak hanya koneksikan YIA

Aksesibilitas ke Bandara Belum Lengkap, Operasional YIA MundurWaduk Sermo, salah satu destinasi wisata di Kulon Progo di Perbukitan Menoreh. Dok.Pribadi/Holy Kartika

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Sugiyartanto mengatakan kunci sukses memaksimalkan penumpang yang menggunakan YIA berada di fasilitas infrastruktur. Baik yang bertujuan ke Yogyakarta International Airport maupun yang menuju Yogyakarta dan sekitarnya.

"Kuncinya, bagaimana transportasi darat juga bisa turut memberi dampak pada pertumbuhan lainnya, seperti pariwisata dan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi," jelas Sugiyartanto.

Sugiyartanto mengatakan untuk memperlancar aksesbilitas pembangunan tol dan jalur jalan lintas selatan terus dikembangkan. Termasuk untuk mendukung ketepatan waktu tempuh transportasi menuju ke bandara ini.

"Kalau bicara pilihan transportasi, tiga titik simpul segitiga emas Jawa Tengah dan DIY, yakni Semarang, Yogyakarta dan Solo, tiga airport ini nantinya akan terhubung oleh tol," katanya.

3. Persoalan aksesibilitas YIA perlu dukungan penuh

Aksesibilitas ke Bandara Belum Lengkap, Operasional YIA MundurBandara YIA. IDN Times/Holy Kartika

Sementara itu, Pengamat Kebijakan Publik, Edie Haryoto menambahkan persoalan aksesibilitas YIA merupakan masalah strategis. Untuk itu, mengatasi persoalan tersebut diperlukan dukungan penuh oleh seluruh stakeholder, hingga Pemerintah Provinsi DIY.

"Pembangunan YIA memang memiliki arti penting bagi DIY, karena laverage dari investasi besar pembangunan bandara, jalan tol dan KA Bandara ini perlu dukungan sepenuhnya," ungkap Edie.

Edie menilai pembangunan bandara baru berkapasitas 20 juta penumpang per tahunnya ini memberikan multiplyer effect yang besar, tidak hanya bagi DIY tetapi juga daerah sekitarnya. Bahkan, dampak sebelum bandara ini beroperasi, saat pembebasan lahan dan pemberian ganti rugi, mampu menurunkan angka kemiskinan di wilayah tersebut.

"Angka kemiskinan di Temon bisa turun dari 28 persen menjadi 0,8 persen. Jadi alangkah besar sekali dampaknya. Sehingga kami harapkan YIA ini tidak sekadar menjadi bandara bagi Yogyakarta, tetapi juga dapat turut mendorong pertumbuhan di sekitarnya," ungkap Edie.

Baca Juga: PT Angkasa Pura 1 Genjot Pengerjaan Interior Bandara YIA

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya