Warga Srigading Bantul Olah Kulit Buah Jadi Bernilai Tambah

Kulit buah-buahan difermentasi menjadi eco-enzyme

Bantul, IDN Times - ‎Kulit buah biasanya hanya dibuang begitu saja dan dianggap sebagai sampah. Namun di tangan Bank Sampah Alam Lestari, Padukuhan Ceme, RT 02, Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul, kini kulit dari buah-buahan segar itu diolah menjadi eco-enzyme‎.

Selain mempunyai berbagai manfaat di bidang pertanian hingga kesehatan, eco-enzyme punya nilai ekonomis tinggi serta sangat ramah lingkungan.

Baca Juga: Pak RT di Bantul Olah Sampah Plastik Jadi Minyak Tanah‎

1. Sejarah pembuatan eco-enzyme oleh Bank Sampah Alam Lestari‎

Warga Srigading Bantul Olah Kulit Buah Jadi Bernilai TambahKetua Bank Sampah Alam Lestari, Slamet Budi. (IDN Times/Daruwaskita)

Ketua Bank Sampah Alam Lestari, Slamet Budi Santosa, mengatakan pada tahun 2016 Bank Sampah Alam Lestari hanya menampung dan memilah sampah organik dan non organik. Sampah organik dibuat menjadi pupuk, sedangkan sampah non organik seperti sampah plastik dijual kembali ke pengepul.

Namun, ada mentor dari Jawa Timur yang memberikan bimbingan cara memproduksi eco-enzyme. Akhirnya pada awal bulan Januari 2022, pihaknya mencoba memanfaatkan kulit buah-buahan yang masih segar untuk diolah atau difermentasi menjadi eco-enzyme.

"Yang jelas untuk pertanian seperti membuat pupuk hanya butuh bahan organik (kulit buah-buahan) dua macam. Namun mentor kita dari Jawa Timur menginginkan eco-enzyme yang dimanfaatkan untuk bidang kesehatan sehingga membutuhkan minimal lima bahan organik atau lima kulit segar dari lima macam buah-buahan," katanya, Minggu (19/6/2022).

"Untuk membuat eco-enzyme melalui fermentasi ukurannya bahan organik (kulit buah-buahan) 3 kilogram, molase 1 kilogram dan air mineral sebanyak 10 kilogram," katanya.

2. Proses fermentasi hingga menghasilkan eco-enzyme sampai menghasilkan produk siap jual‎

Warga Srigading Bantul Olah Kulit Buah Jadi Bernilai TambahKulit buah buahan segar untuk bahan fermentasi.(Daruwaskita)

Untuk proses fermentasi menjadi eco-enzyme setidaknya dibutuhkan waktu minimal 3 bulan baru bisa dipanen. Pada minggu pertama dicek tempat fermentasi untuk melihat dan baunya masih bagus atau tidak kemudian ditutup kembali tempat fermentasi tersebut.

Satu bulan setelahnya, hasil fermentasi kembali dicek apakah masih bagus atau tidak dengan membau masih ada aroma asam atau tidak. Jika terdapat belatung saat proses fermentasi, maka eco-enzyme tidak bisa digunakan untuk produk kesehatan dan hanya untuk produk pertanian seperti pupuk.‎ ‎

"Ketika masih bagus maka ditutup kembali dan dua bulan lagi baru bisa dipanen eco enzyme-nya.‎ Alhamdulillah hasil panen eco-enzyme sangat bagus," ungkapnya.‎

Menurutnya, setelah proses fermentasi pertama maka untuk fermentasi kedua sudah bisa dimanfaatkan untuk membuat produk-produk kesehatan seperti hand sanitizer, obat sakit gigi, obat gatal-gatal. Namun, produk kesehatan dari eco-enzyme ini hanya berupa obat luar, tidak ada yang diminum.

"Kalau untuk obat sakit gigi dan sariawan bisa melakukan fermentasi kedua yakni eco-enzyme dicampur dengan biji suruh dan dalam waktu 20 menit saya praktekkan sendiri rasa sakit berkurang banyak," ungkapnya.

"Selama bulan Januari hingga saat ini sudah lebih dari satu ton kulit buah-buahan hingga sayuran yang masih segar telah kita fermentasi dan menghasilkan eco-enzyme. Namun eco-enzyme untuk dibuat produk turunannya harus menggunakan kulit buah-buahan yang masih segar," tambahnya lagi.

Lebih jauh, Slamet mengatakan untuk hasil fermentasi pertama dari kulit buah-buahan yang segar dan menghasilkan eco-enzyme tidak dijual. Namun, produk turunannya bisa dijual kepada masyarakat luas, seperti pupuk tanaman, obat gatal-gatal,obat sakit gigi, bahkan obat oles untuk ternak yang terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Jadi eco-enzyme ini manfaatnya sangat banyak, mengurangi sampah yang ada di lingkungan sekitar dan yang jelas ramah lingkungan karena seluruh bahannya organik," pungkasnya.

3. Eco-enzyme untuk produk kesehatan harus dari kulit buah-buahan yang masih segar‎

Warga Srigading Bantul Olah Kulit Buah Jadi Bernilai TambahKepala DLH Bantul, Ari Budi Nugraha.(Daruwaskita)

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul, Ari Budi Nugraha, mengatakan eco-enzyme merupakan produk hasil fermentasi dari kulit buah yang masih segar dan tidak busuk. Bahan tersebut dicampur dengan nira atau tetes tebu kemudian dicampur dengan air dengan perbandingan tertentu kemudian difermentasikan selama tiga bulan.

"Eco-enzyme manfaatnya sangat banyak namun intinya tidak untuk diminum, tapi bisa untuk obat luka luar," ungkapnya.

Oleh penemunya dari Thailand, eco-enzyme tidak boleh untuk diperjualbelikan, tetapi hanya boleh disebarluaskan kepada masyarakat.

"Nah kalau produk turunan yang menggunakan eco-enzyme seperti sabun, disinfektan, obat gatal, atau luka baru dijual," ujarnya. "Jadi pembuatan eco-enzyme merupakan kegiatan nirlaba dan produk turunannya yang boleh diperjualbelikan."

Baca Juga: Kisah Lili, Difabel yang Produktif lewat Live Streaming

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya