Comscore Tracker

UMY Kirim Relawan dan Logistik untuk Korban Gempa di Cianjur

UMY juga kirimkan bantuan tim medis

Bantul, IDN Times - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melalui Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah (Lazismu) UMY mengirimkan relawan serta mengumpulkan bantuan logistik untuk disalurkan kepada korban bencana di Cianjur. Penerjunan tim relawan dan bantuan logistik dilakukan pada Minggu sore (27/11/2022) dan berlokasi di gedung AR Fachrudin A.

1. Kirim 300 paket keperluan sehari-hari

UMY Kirim Relawan dan Logistik untuk Korban Gempa di CianjurBantuan logistik untuk korban gempa.(Dok.Humas UMY)

Ketua Pengurus Lazismu UMY, Rozikan, M.S.I. menyampaikan sekitar 300 paket keperluan yang disiapkan oleh tim relawan dari UMY terdiri dari perlengkapan mandi, pakaian, dan bahan makanan pokok. 

“Kami sudah berkoordinasi dengan tim logistik yang ada di lokasi bencana, agar kami bisa memprioritaskan keperluan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh korban. Dan untuk saat ini yang paling dibutuhkan adalah perlengkapan mandi dan kebersihan,” jelas Rozikan.

2. Dana yang digunakan untuk pembelian logistik dari para donatur

UMY Kirim Relawan dan Logistik untuk Korban Gempa di CianjurBantuan logistik untuk korban gempa.(Dok.Humas UMY)

Menurut Rozikan, proses pengumpulan bahan bantuan logistik memakan waktu yang terbilang cepat, sekitar kurang dari dua hari. Ini dikarenakan Lazismu sudah mempunyai anggaran khusus untuk dialokasikan bagi bencana kemanusiaan. Untuk pendistribusian bahan logistik kepada korban bencana akan dilakukan secara terstruktur melalui kelembagaan Muhammadiyah di Cianjur.

"Harapannya dengan skema pendistribusian seperti ini, bantuan yang disalurkan tidak hanya merata, tetapi juga tepat sasaran. Karena saya yakin bantuan yang akan kami berikan tidak akan mencukupi, sehingga perlu ada skala prioritas yang diutamakan,” pungkas Rozikan.

Baca Juga: UMY Raih Top 10 Tertinggi Pencatatan HAKI Kategori Perguruan Tinggi 

3. UMY kirimkan bantuan tim medis

UMY Kirim Relawan dan Logistik untuk Korban Gempa di CianjurRelawan gempa Cianjur dari UMY.(Dok.Humas UMY)

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan AIK UMY, Faris Al-Fadhat, Ph.D menyampaikan bahwa UMY ingin berkontribusi terhadap penanggulangan dan penanganan bencana kemanusiaan. 

“Kami memandang bahwa setiap terjadi bencana akan banyak sekali keperluan yang dibutuhkan. Alhamdulillah UMY dalam beberapa bencana yang sempat terjadi di Indonesia selalu mengirimkan bantuan berupa barang, finansial maupun penerjunan tim relawan. Ini sebagai bentuk komitmen dari UMY untuk berkontribusi terhadap nilai-nilai kemanusiaan,” ujar Faris.

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UMY turut memberikan bantuan dengan mengirimkan Tim Bantuan Medis (TBM Alert), sebuah unit kegiatan mahasiswa di bawah FKIK yang pro aktif mejadi relawan kemanusiaan. 

Pimpinan FKIK UMY,  dr. Dirwan Suryo Sularto menyampaikan bahwa TBM Alert UMY akan berkoordinasi langsung dengan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC).
Total enam orang relawan akan tinggal di lokasi selama dua hari, sementara TBM Alert akan berada di lokasi lebih lama yaitu sekitar tujuh hari, selanjutnya akan dilakukann pergantian tim. 

Baca Juga: 3 Ribu Lebih Mahasiswa Asing Daftar Jadi Calon Maba di UMY

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya