TNI AL Jadikan Pantai Samas sebagai Kampung Bahari Nusantara

Diharapkan Pantai Samas semakin banyak dikunjungi wisatawan

Bantul, IDN Times - ‎Ratusan anggota Pangkalan TNI Angkatan Laut (AL) Yogyakarta bersama pelajar SMK Kelautan Yogyakarta, SAR Satlinmas Wilayah IV Bantul, dan masyarakat, melaksanakan Gerakan Nasional Laut Bersih Tahun 2022 di Pantai Samas, Kabupaten Bantul. Kegiatan ini dilangsungkan dalam rangka Peringatan HUT TNI AL ke-77. 

1. Pantai Samas akan dicanangkan sebagai Kampung Bahari Nusantara pada Oktober 2022

TNI AL Jadikan Pantai Samas sebagai Kampung Bahari NusantaraDanlanal Yogyakarta, Kolonel Laut (KW/W) Damayanti (tengah). (IDN Times/Daruwaskita)

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Yogyakarta, Kolonel Laut (KW/W) Damayanti, menyebut dipilihnya Pantai Samas untuk Gerakan Nasional Laut Bersih tak lain karena Pantai Samas akan dijadikan Kampung Bahari Nusantara oleh TNI AL dengan lima klaster. Dengan begitu, diharapkan parawisata di pantai itu ikut terdongkrak.

"Diharapkan saat dicanangkan Kampung Bahari Nusantara pada bulan Oktober 2022 Pantai Samas sudah siap," ujarnya di Pantai Samas, Bantul, Rabu (7/9/2022).

Baca Juga: Festival Keroncong Pesisiran, Upaya Pulihkan Pantai Samas

2. Kampung Bahari Nusantara tidak hanya menyangkut pariwisata

TNI AL Jadikan Pantai Samas sebagai Kampung Bahari NusantaraTNI AL melaksanakan Gerakan Nasional Laut Bersih Tahun 2022 di Pantai Samas, Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Damayanti mengatakan, Kampung Bahari Nusantara tidak hanya menyangkut pariwisata, tetapi juga ketahanan pangan dan pelestarian lingkungan. Seperti penanaman komoditas pertanian mulai dari padi, jagung, kedelai, cabai hingga komoditas pertanian lainnya. Sementara, untuk pelestarian lingkungan yaitu dengan penanaman bibit mangrove.

"Nanti berkolaborasi dengan Pemerintah Kalurahan Srigading untuk penanaman komoditas pangan tersebut," ungkapnya.

Lewat Gerakan Nasional Laut Bersih, ia juga berharap wisatawan yang datang ke Pantai Samas akan melihat suasana pantai yang hijau, bersih, dan nyaman untuk dikunjungi.

"Harapan kita agar Pantai Samas ini kembali menggeliat dan menarik wisatawan untuk datang. Itu keinginan dari Lanal Yogyakarta," tandasnya.

3. Warga Pantai Samas diminta turut menjaga kebersihan pantai

TNI AL Jadikan Pantai Samas sebagai Kampung Bahari NusantaraTNI AL melaksanakan Gerakan Nasional Laut Bersih Tahun 2022 di Pantai Samas, Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Danlanal juga meminta kerja sama dari masyarakat sekitar Pantai Samas untuk tetap menjaga kebersihan dan kenyamanan agar wisatawan datang ke Pantai Samas.

"Hari ini kita bersih pantai, nanti bisa dilihat apakah sudah ada perubahan atau belum. Kalau belum ada nanti akan kami kerjakan lagi," terangnya.

"Yang jelas bersih pantai ini merupakan instruksi dari Bapak KASAL selain kegiatan donor darah, pembersihan karang gigi hingga sunatan massal," tambahnya lagi.‎

Baca Juga: Dulu Tenar, Pantai Samas Kini Cuma Disinggahi Pelancong Nyasar

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya