Comscore Tracker

6 Rumah Terdampak Longsor di Semin Gunungkidul Direlokasi

Warga yang direlokasi disiapkan tempat tinggal sementara

Gunungkidul, IDN Times - ‎Sedikitnya enam rumah warga yang terdampak bencana tanah longsor di Padukuhan Blembem, Kalurahan Candirejo, Kapanewon Semin, Kabupaten Gunungkidul, akan direlokasi ke tempat yang lebih aman. Sedangkan penghuni rumah untuk sementara akan tinggal di bangunan SD di Candirejo.

"Pak lurah sudah melaporkan adanya rumah warga yang benar-benar tidak bisa digunakan dan tidak mungkin lagi kembali ke rumah yang lama karena bahaya longsor," kata Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Gunungkidul, Wijayanti, Rabu (23/11/2022).‎

1. Pemkab Gunungkidul sedang mencarikan lahan untuk relokasi

6 Rumah Terdampak Longsor di Semin Gunungkidul DirelokasiIlustrasi relawan bencana. (Dok. Istimewa)

Menurutnya dengan adanya laporan tersebut saat ini Pemkab Gunungkidul tengah mencarikan tempat atau lahan untuk relokasi.

"Lahannya baru dicarikan nggih, kami berkoordinasi dengan Panewu Semin, kalurahan hingga padukuhan," ujar Wijayanti.

Baca Juga: 2 Korban Tertimbun Longsor di Gunungkidul Akhirnya Ditemukan

2. Warga yang akan direlokasi disiapkan tempat tinggal sementara

6 Rumah Terdampak Longsor di Semin Gunungkidul DirelokasiSalah satu rumah yang diterjang longsor di Dusun Blembem, Kalurahan Candirejo, Kapanewon Semin, Kabupaten Gunungkidul pada Sabtu (19/11/2022). (IDN Times/Daruwaskita)

Sembari menunggu lokasi relokasi, Pemkab juga menyediakan tempat tinggal sementara bagi warga yang rumahnya direlokasi. Pihaknya dengan Kemensos juga menyediakan fasilitas lainnya untuk warga yang rumahnya akan direlokasi.

"Kami siap tempat tinggal sementara. Kemungkinan menggunakan bangunan SD di Candirejo yang kosong karena diregruping," ungkapnya.

3. Jumlah rumah warga yang akan direlokasi bisa bertambah‎

6 Rumah Terdampak Longsor di Semin Gunungkidul DirelokasiPengungsi bencana longsor di Semin, Gunungkidul, menerima bantuan. (Dok. Kominfo Gunungkidul)

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Purwono, mengatakan relokasi terhadap enam rumah warga karena berada di zona merah rawan longsor.

"Yang jelas, relokasi dipastikan untuk tiga keluarga yang menjadi korban. Namun masih bisa bertambah karena di sisi barat bukit masih banyak rumah warga yang berada di daerah rawan longsor," katanya.‎

Baca Juga: Berusaha Selamatkan Ibunya, Karni Ikut Tertimbun Longsoran‎

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya