Peziarah Makam Syekh Bela-Belu Parangtritis Meninggal Mendadak

Korban sempat mengeluh nafasnya ngos-ngosan

Bantul, IDN Times - ‎Maryati (64) warga Desa Kebumen, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, meninggal dunia di Makam Syekh Bela-Belu di Padukuhan Grogol X, Kalurahan Parangtritis, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, pada Minggu (28/8/2022) sekitar pukul 12.00 WIB.

Korban diduga mengalami kelelahan dan mendapatkan serangan jantung saat melaksanakan ziarah di tempat tersebut. 

1. Korban bersama rombongan peziarah tiba di parkiran makam Syeh Bela Belu‎

Peziarah Makam Syekh Bela-Belu Parangtritis Meninggal MendadakKasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry. (Dok. Polres Bantul)

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry, mengatakan korban datang bersama rombongan peziarah dari Temanggung. Mereka tiba di parkiran makam Syekh Bela-Belu dengan menggunakan satu unit bus Mila Sari bernomor polisi AA 7144 QE.

"Korban bersama rombongan kemudian turun dari bus dan berjalan kaki naik menuju makam Syekh Bela-Belu yang berada di atas bukit," katanya, Minggu (28/8/2022).

Baca Juga: Suporter PSS Sleman Meninggal Usai Dikeroyok, Ada Luka Sajam

2. Korban lemas dan meninggal dunia di serambi musala‎

Peziarah Makam Syekh Bela-Belu Parangtritis Meninggal MendadakPeziarah meninggal di Makam Syekh Bela-Belu Parangtritis Bantul. (Dok. Polres Bantul)

Jeffry menjelaskan, setibanya di serambi musala, korban mengalami kejang, menggigit lidah dan sempat mengatakan jika napasnya ngos-ngosan. Selanjutnya tubuh korban dirangkul oleh rekan peziarah lainnya.

"Namun tubuh korban lemas dan meninggal dunia," ucapnya.

3. Korban meninggal dunia karena kelelahan dan mendapat serangan jantung‎

Peziarah Makam Syekh Bela-Belu Parangtritis Meninggal MendadakEvakuasi peziarah yang meninggal di Makam Syekh Bela-Belu, Parangtritis, Bantul. (Dok. Polres Bantul)

Menurut Jeffry, peristiwa tersebut lantas dilaporkan ke Polsek Kretek. Petugas kemudian mendatangi lokasi dan memasang garis polisi. Pihak medis dari Puskesmas Kretek dan Tim Inafis Polres Bantul datang ke lokasi untuk melakukan olah TKP dan pemeriksaan tubuh korban.

Dari hasil pemeriksaan medis yang dilakukan oleh dr. Wisnu Bimo dari Puskesmas Kretek, korban diduga meninggal dunia akibat kelelahan dan mengalami serangan jantung.

"Pihak keluarga telah menerima kejadian tersebut dan selanjutnya dibuatkan berita acara serah terima jenazah kepada keluarga korban oleh Unit Reskrim Polsek Kretek," tandasnya.‎

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya