Modus Tawarkan Bantuan, Pencuri Bawa Kabur Emas 100 Gram

Pelaku mencatut institusi kepolisian untuk mencuri emas

Kulon Progo, IDN Times - ‎Aksi pencurian dengan modus menjanjikan bantuan sosial terjadi di Kabupaten Kulon Progo pada Senin (20/6/2022) kemarin. Korban Jumirah (77) warga Ngasem, Kalurahan Harogrejo, Kapanewon Kokap, kehilangan emas yang beratnya mencapai 100 gram.

Baca Juga: Terungkap, Kronologi Tewasnya Widodo di Kebun Salak

1. Pelaku datang ke rumah korban menawarkan bantuan‎

Modus Tawarkan Bantuan, Pencuri Bawa Kabur Emas 100 GramIlustrasi Maling (IDN Times/Mardya Shakti)

Kasi Humas Polres Kulon Progo, Iptu I Nengah Jeffry, membenarkan adanya kasus pencurian emas 100 gram dengan modus menjanjikan bantuan sosial yang mencatut institusi kepolisian.

"Kejadiannya pada hari Senin (20/6) kemarin di Kapanewon Kokap. Korban kehilangan emas seberat 100 gram," katanya, Selasa (21/6/2022).

2. Korban meminta contoh perhiasan emas milik korban‎

Modus Tawarkan Bantuan, Pencuri Bawa Kabur Emas 100 GramIlustrasi perhiasan emas di toko emas. (IDN Times/Saifullah)

Kejadian nahas yang menimpa korban Mbah Jumirah berawal ketika hari Senin (20/6/2022) sekitar pukul 05.30 WIB korban didatangi tamu. Tanpa curiga korban membukakan pintu dan mempersilakannya masuk ke dalam rumah.

Saat itu tamu atau pelaku menyampaikan maksud kedatangannya ke rumah korban, yakni akan memberikan bantuan sembako dari Polsek setiap bulan dan emas 30 gram.

Kemudian pelaku meminta contoh emas milik korban yang nantinya akan difoto untuk mendapatkan bantuan. Korban yang percaya begitu saja langsung mengambilkan emas yang disimpan di lemari berupa kalung emas dengan berat 50 gram gelang emas berat 50 gram. Kalung dan gelang selanjutnya diberikan kepada pelaku.

3. Saat korban lengah, pelaku kabur membawa perhiasan emas‎

Modus Tawarkan Bantuan, Pencuri Bawa Kabur Emas 100 GramIlustrasi Emas Mulia (IDN Times/Arief Rahmat)

Pelaku kemudian meminta korban untuk mengambil KTP dan KK. Saat korban mengambil KTP dan KK itu selanjutnya pelaku kabur membawa emas milik korban.

"Korban selanjutnya menghubungi kerabatnya dan melaporkan kejadian ke Polsek Kokap," ucapnya.

Kasus ini saat masih dalam proses penyelidikan polisi. Sejumlah saksi juga sudah diminta keterangan oleh penyidik. Polisi juga telah mengamankan 2 kuintansi pembelian emas berupa kalung dan gelang masing-masing 50 gram.

"Kasus masih dalam proses lidik, semoga cepat terungkap," katanya.‎

Baca Juga: Perempuan di Sleman Gelapkan 5 Mobil Rental demi Bayar Utang

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya