Patroli Ditingkatkan, Angka Kejahatan di Bantul Turun

Angka kecelakaan juga menurun

Bantul, IDN Times - Kepolisian Resor (Polres) Bantul mengklaim angka kejahatan atau kriminalitas turun hingga 40 persen pada minggu kedua Mei 2023 jika dibandingkan pekan sebelumnya. Penurunan tersebut disebut tak lepas dari kegiatan patroli yang ditingkatkan di wilayahnya.

1. Angka kriminalitas turun 8 kasus

Patroli Ditingkatkan, Angka Kejahatan di Bantul TurunKanit Reskrim Polsek Srandakan, AKP Sutrisno.(kanan).(Dok.Polres Bantul)

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana, mengatakan terjadi 20 kasus kriminalitas pada minggu pertama dan sebanyak 12 kasus pada minggu kedua.

"Atau mengalami penurunan sebanyak 8 kasus," ujar Jeffry dalam keterangan pers yang diterima IDN Times pada Kamis (18/5/2023).

Jeffry menuturkan ada lima kasus kriminalitas yang paling banyak ditemukan, yakni penyalahgunaan Narkoba (4 kasus), curanmor (2 kasus), penggelapan (2 kasus), serta pengeroyokan (2 kasus).

2. Kegiatan blue light patrol effektif turunkan angka kriminalitas

Patroli Ditingkatkan, Angka Kejahatan di Bantul TurunIlustrasi Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Progo 2023 .(Dok.Istimewa)

Menurut Jeffry, turunnya angka kriminalitas merupakan dampak positif dari intensitas kegiatan patroli oleh anggota Polres Bantul di lapangan.

“Kami rutin melaksanakan blue light patrol setiap malam Sabtu dan malam Minggu sebagai upaya mencegah terjadinya gangguan keamanan, khususnya kejahatan jalanan,” ujarnya. 

Selain itu, lanjut Jeffry, setiap malam juga dilakukan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) berupa patroli wilayah, baik oleh Polres maupun polsek jajaran.

“Kehadiran polisi di lapangan membuat pelaku kejahatan mengurungkan niatnya,” lanjutnya.

Baca Juga: Serang Pemotor, 2 Pelaku Klitih di Bantul Ditangkap Warga

3. Kejadian kecelakaan juga mengalami penurunan hingga 9,5 persen

Patroli Ditingkatkan, Angka Kejahatan di Bantul TurunOlah TKP kecelakaan di Jln.Parangtritis.(Dok.Polres Bantul)

Sementara itu, kasus kecelakaan lalu lintas (laka lantas) juga turun 9,5 persen dari minggu ke-1 ke minggu ke-2 pada Mei ini.

“Laka lantas terjadi 42 kasus pada minggu ke-1 dan sebanyak 38 kasus pada minggu ke-2 atau mengalami penurunan sebanyak 2 kasus," ungkapnya.

Dari 38 kasus pada minggu ke-2, tercatat 1 korban meninggal dunia. Oleh karena itu, Jeffry mengimbau masyarakat agar berhati-hati dan tetap mengutamakan keselamatan saat berkendara. 

"Tingkatkan kewaspadaan saat berkendara. Kalau mengantuk atau kurang fit, sebaiknya beristirahat," imbaunya.

Baca Juga: WhatsApp Bupati Bantul Diretas untuk Minta Uang Rp2 Juta 

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya