PAN Bantul: Ganjar Kandidat Bacapres Sesuai Aspirasi Akar Rumput

DPD PAN Bantul fokus pencalegan 

Bantul, IDN Times - ‎Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sudah resmi dideklarasikan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai calon presiden. Sejumlah partai politik seperti PPP, Hanura juga sudah memberikan dukungan.

Sejumlah pengamat politik memprediksi Partai Amanat Nasional (PAN) juga akan mengikuti langkah PPP mendukung Ganjar sebagai bacapres.

Kemungkinan PAN akan mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai bacapres sangat terbuka lebar. Sebab nama Ganjar juga masuk dalam penjaringan nama capres dari PAN yang diusulkan dari bawah.

"Sangat mungkin PAN mencalonkan Ganjar sebagai bacapres sebab akar rumput PAN ada yang menginginkan PAN mencalonkan Ganjar sebagai bacapres," kata Ketua DPD PAN Bantul, Wildan Nafis, Minggu (30/4/2023).

1. Penentuan bacapres atau bacawapres kewenangan DPP PAN

PAN Bantul: Ganjar Kandidat Bacapres Sesuai Aspirasi Akar RumputRakerda DPD PAN Bantul.(Daruwaskita)

Menurutnya penentuan nama bacapres atau bacawapres adalah kewenangan dari DPP PAN. Hanya, bukan rahasia lagi nama Ganjar memang masuk dalam kandidat kuat bacapres yang akan didukung oleh PAN.

"Kan itu sudah jadi rahasia umum, namun sekali lagi terkait bacapres dan bacawapres adalah kewenangan Ketua Umum DPP PAN dengan mendengarkan aspirasi dari akar rumput," ujar Ketua Komisi B DPRD Bantul ini.

2. DPD PAN Bantul fokus pencalegan ‎

PAN Bantul: Ganjar Kandidat Bacapres Sesuai Aspirasi Akar RumputKetua Komis B DPRD Bantul, Wildan Nafis.(IDN Times/Daru)

DPD PAN sendiri dipastikan akan menyerahkan penentuan nama bacapres dan bacawapres kepada DPP PAN. Ia mengatakan saat ini pihaknya lebih fokus dalam proses pencalegan. Pendaftaran bacaleg untuk DPRD Bantul sendiri akan dimulai bulan Mei mendatang.

"Kita fokus saja pada pencalegan dan memastikan target kursi di DPRD Bantul tercapai," ujarnya.

Baca Juga: Zulhas Ajak Elite Parpol Ngopi Bareng sebelum Bahas Capres

3. Ajukan 45 nama bacaleg untuk pilleg 2024‎

PAN Bantul: Ganjar Kandidat Bacapres Sesuai Aspirasi Akar RumputRakerda DPD PAN Bantul ke-2.(Daruwaskita)

Lebih jauh Wildan mengatakan untuk pencalegan, DPD PAN Bantul mengajukan 45 nama yang nantinya bersaing dalam Pileg 2024. Sejumlah nama yang saat ini duduk sebagai anggota DPRD Bantul masih akan maju sebagai bacaleg meski banyak juga kader muda PAN yang akan bersaing dalam pilleg 2024 mendatang.

"Hampir 50 persen bacaleg PAN diisi anak muda," katanya.‎

Baca Juga: PPP Tunggu Keputusan Sandiaga Uno untuk Bergabung

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya