Operasi Keselamatan Progo 2023, Petugas Bagikan Helm hingga Bunga

Pelanggaran kasatmata tetap akan ditilang‎

Bantul, IDN Times - ‎Polres Bantul menggelar Operasi Keselamatan Progo 2023 mulai Selasa (7/2/2023) hingga dua pekan ke depan. Tidak hanya menilang pengguna kendaraan bermotor yang melanggar secara kasatmata, petugas juga membagikan bunga hingga memberikan helm gratis kepada pengendara yang kebetulan membawa anak kecil tanpa menggunakan helm.

1. Pentingnya anak-anak tetap mengenakan helm saat berkendara

Operasi Keselamatan Progo 2023, Petugas Bagikan Helm hingga BungaOperasi Keselamatan Progo 2023. (Dok. Polres Bantul)

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry, mengatakan pembagian helm gratis bagi anak-anak dilatarbelakangi masih rendahnya orangtua memakaikan helm pada anak saat diajak berkendara. Orang tua menganggap anak-anak tak perlu mengenakan helm karena masih kecil.

"Pada sesuai dengan aturan lalu-lintas anak-anak juga wajib menggunakan helm sehingga ketika terjadi kecelakaan sang anak tidak mengalami kefatalan," ucapnya, Rabu (8/2/2023).

"Semua pengendara sepeda motor termasuk yang membonceng baik dewasa maupun anak-anak wajib menggunakan helm," tambahnya lagi.

Baca Juga: 4 Alasan Motor Tak Boleh Masuk Jalur Cepat Ringroad Yogyakarta

2. Helm yang dikenakan harus SNI‎

Operasi Keselamatan Progo 2023, Petugas Bagikan Helm hingga BungaOperasi Keselamatan Progo 2023.(Dok.Polres Bantul)

Kanit Kamseltibcar (keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran) Satlantas Polres Bantul, Ipda Bekti mengenakan helm juga tidak boleh asal-asalan. Helm yang dikenakan harus helm SNI, pengguna harus memastikan tali helm juga harus terpasang.

"Masyarakat kadang lupa kalau helm sampai berbunyi 'klik'. Misalnya jika jatuh helm tidak akan terlepas dan akan melindungi bagian kepala," ujarnya.

3. Petugas bagikan bunga pada pengguna jalan yang berhenti saat lampu merah‎

Operasi Keselamatan Progo 2023, Petugas Bagikan Helm hingga BungaOperasi Keselamatan Progo 2023.(Dok.Polres Bantul)

Selain membagikan helm, dalam Operasi Keselamatan Progo 2023 petugas juga membagikan bunga, leaflet kepada pengendara yang berhenti saat lampu merah.

"Kami ingin menggugah kesadaran masyarakat agar tertib dalam berkendara, mematuhi aturan yang ada sehingga bisa mencegah terjadi kecelakaan di jalan raya," tandasnya.‎

Baca Juga: Dibukanya Jembatan Kretek II Dongkrak Kunjungan Wisatawan

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya