Menko PMK Tegaskan Sekolah Harus Perhatikan Standar Bangunan

Menko PMK kunjungi SD Muhammadiyah Bogor, Gunungkidul

Gunungkidul, IDN Times - ‎Dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Yogyakarta, Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (PMK), Muhadjir Effendy, mengunjungi SD Muhammadiyah Bogor, Kalurahan Playen, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul, pada Senin (14/11/2022). Sebelumnya, atap sekolah tersebut  roboh dan mengakibatkan seorang siswa meninggal dunia.

1. Minta semua sekolah benar-benar sesuai standar‎ membangun gedung

Menko PMK Tegaskan Sekolah Harus Perhatikan Standar BangunanAtap di SD Muhammadiyah Bogor, Playen, Gunungkidul, runtuh dan menimpa murid. (Dok. Istimewa)

Usai meninjau SD Muhammadiyah Bogor, Muhadjir meminta semua sekolah dalam membangun sekolah benar-benar menerapkan standar pembangunan gedung. Pembangunan gedung sekolah harus melibatkan tim ahlinya.

"Jangan membangun sendiri (tanpa melibatkan ahlinya), harus betul-betul sesuai standar bangunan," katanya kepada wartawan, Senin (14/11/2022) petang.

Baca Juga: Buntut Atap SD di Gunungkidul Runtuh, Polisi Tetapkan 2 Tersangka

2. Minta perbaikan atap yang roboh segera dilakukan‎

Menko PMK Tegaskan Sekolah Harus Perhatikan Standar BangunanIlustrasi kerangka atap. (Dok. Istimewa)

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini mengatakan acuan standar dalam membangun gedung sekolah ini sangat penting agar kejadian yang sama tidak terulang kembali dikemudian hari. Seperti halnya membangun sekolah di daerah rawan gempa, maka bangunan harus mengacu standar tahan gempa.

"Ya kalau wilayahnya rawan gempa maka bangunan juga harus memiliki standari khusus tahan gempa," tandasnya.

Lebih lanjut, Muhadjir meminta agar perbaikan atap yang roboh untuk segera dilakukan. Sebab, sejumlah bantuan dari berbagai pihak telah diberikan, seperti santunan dari Kemensos hingga bantuan pihak lainnya. Pemkab Gunungkidul juga siap mengucurkan bantuan.

3. Pemkab Gunungkidul pastikan beri bantaun perbaikan atap‎

Menko PMK Tegaskan Sekolah Harus Perhatikan Standar BangunanBupati Gunungkidul, Sunaryanta. (Dok. Istimewa)

Sementara, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan pihaknya siap membantu perbaikan atap ruangan kelas SD yang roboh. Selain itu, kegiatan trauma healing juga sudah diberikan kepada ratusan siswa di Balai Kalurahan Playen.

"Itu pasti akan kita bantu memperbaiki atap yang rusak," ucapnya.‎

Baca Juga: Usai Atap SD Roboh, Ratusan Siswa Mendapat Trauma Healing‎

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya