Longsor di Bukit Bintang Dikhawatirkan Pengaruhi Jumlah Wisatawan    

Wisatawan bisa melalui 3 jalur alternatif yang telah disiapkan

Gunungkidul, IDN Times - ‎Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul mengaku khawatir dampak jalan amblas di kawasan Bukit Bintang akan berdampak pada kunjungan wisata di Bumi Handayani.

1. Wisatawan diminta untuk lebih bersabar saat melalui Jalan Jogja-Wonosari‎

Longsor di Bukit Bintang Dikhawatirkan Pengaruhi Jumlah Wisatawan    Sedekah laut Pantai Baron.(Dok.Kominfo Gunungkidul)

Kepala Dinas Pariwisata, Kabupaten Gunungkidul, Muhammad Arif Aldian meminta wisatawan yang akan berkunjung ke objek wisata di Gunungkidul untuk lebih bersabar.
Jalan longsor menyebabkan arus lalu-lintas yang melalui Jalan Jogja-Wonosari mengalami antrean akibat diterapkan sistem buka-tutup untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan yang panjang.

"Kondisi ini tentunya membuat kami khawatir kunjungan wisatawan ke Gunungkidul akan terdampak (menurun). Apalagi belum diketahui kapan perbaikan jalan utama Jogja-Wonosari ini akan dimulai," katanya, Kamis (3/11/2022).

2. Gunakan jalur alternatif untuk menuju objek wisata‎

Longsor di Bukit Bintang Dikhawatirkan Pengaruhi Jumlah Wisatawan    Kebun Bunga Amarilis di Gunungkidul Kembali Mekar.(IDN Times/Daruwaskita)

Menurutnya jalan yang rusak ini merupakan jalur utama bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Gunungkidul baik menggunakan bus atau mobil pribadi. "Akhir pekan kunjungan wisatawan terbanyak melalui Jalan Jogja-Wonosari," ucapnya.‎

Pihaknya menghimbau kepada wisatawan yang akan berkunjung ke Gunungkidul menggunakan jalur alternatif yang disiapkan oleh aparat kepolisian dan Dinas Perhubungan.

"Silakan menggunakan jalur alternatif untuk menuju destinasi wisata yang telah disiapkan oleh pihak terkait," katanya.

Baca Juga: Separuh Jalan di Bukit Bintang Bantul Amblas Akibat Longsor

Baca Juga: 5 Wisata Embung di Gunungkidul yang Menyegarkan Mata

3. Ini jalur alternatif menuju yang bisa dilalui oleh wisatawan‎

Longsor di Bukit Bintang Dikhawatirkan Pengaruhi Jumlah Wisatawan    Rekayasa lalu-lintas di Bukit Bintang (Dok.Polres Bantul)

Kasatlantas Polres Gunungkidul, AKP Antonius Purwanta mengatakan pihaknya sudah menyiapkan jalur alternatif bagi pengendara untuk menuju Gunungkidul, di antaranya untuk kendaraan dengan muatan lebih dari 30 ton bisa melalui jalur Sambeng-Cawas di Klaten. Kendaraan roda dua atau roda empat jenis mobil pribadi melalui jalur Getas (Playen)-Dlingo dan jalur Panggang-Siluk yang tembus di Imogiri Bantul.

"Sedangkan untuk bus wisata serta truk muatan di atas 30 ton direkomendasikan tetap melalui jalan Jogja-Wonosari. Jalan tersebut saat ini masih diterapkan buka tutup jalan," katanya.‎

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Air di Gunungkidul Ini Cocok untuk Healing

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya