Cuaca Buruk, Kunjungan Wisatawan ke Bantul Semakin Menurun

Jumlah wisatawan diperkirakan turun hingga bulan Ramadan

Bantul, IDN Times - ‎Berdasarkan data Dinas Pariwisata Bantul, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bumi Projotamansari ini terus mengalami penurunan. Bahkan, pada pekan kedua Februari 2023 ini, angkanya menurun hingga 15 persen dibandingkan kunjungan wisatawan pada pekan sebelumnya.

1. Cuma 30 ribuan wisatawan yang kunjungi objek wisata di Bantul

Cuaca Buruk, Kunjungan Wisatawan ke Bantul Semakin MenurunTPR darurat di Pantai Baru.(IDN Times/Daruwaskita)

Kasi Promosi dan Informasi Data Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi, menyatakan kunjungan wisatawan pada pekan kedua (6–12/2/2023) mencapai 38.336 orang dengan menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp372 juta. Sedangkan kunjungan wisatawan pada pekan pertama Februari (30/1–5/2/2023) mencapai 45.346 orang dengan PAD sebesar Rp441 juta.

"Kunjungan wisata pada pekan pertama dibandingkan pekan kedua mengalami penurunan hingga 15 persen," ujarnya, Selasa (14/2/2023).‎

Sementara, kunjungan saat akhir pekan pada pekan kedua Februari (10–12/2/2023) mencapai 24.994 orang dengan PAD Rp242 juta. Padahal, weekend sebelumnya angka kunjungan mencapai 31.901 orang dengan PAD Rp310 juta.

"Kunjungan saat akhir pekan pada pekan pertama dan saat akhir pekan pada pekan kedua juga mengalami penurunan hingga 22 persen," ungkapnya.

Baca Juga: Jenazah Perempuan Bikin Geger Warga di Pantai Samas Bantul

2. Penyebab kunjungan wisatawan turun

Cuaca Buruk, Kunjungan Wisatawan ke Bantul Semakin MenurunIlustrasi cuaca ekstrem. (IDN Times/Mardya Shakti)

Pria yang akrab disapa Ipung ini mengaku, penurunan jumlah wisatawan disebabkan faktor cuaca, dimana Februari ini merupakan puncak musim hujan di Bantul. Selain itu, aktivitas sekolah dan kuliah juga sudah kembali normal.

"Hujan yang mengguyur Bantul dan tidak libur sekolah berdampak pada penurunan jumlah kunjungan wisatawan," katanya.

3. Kunjungan wisatawan akan terus turun hingga bulan Ramadan‎

Cuaca Buruk, Kunjungan Wisatawan ke Bantul Semakin MenurunIlustrasi Ramadhan (IDN Times/Sukma Shakti)

Ipung juga memperkirakan jumlah kunjungan wisatawan ini akan terus menurun hingga memasuki bulan Ramadan yang merupakan masa paceklik wisatawan bagi semua destinasi wisata.

"Bantul akan kembali ramai dengan wisatawan saat libur Lebaran. Bahkan tidak ada atraksi wisata pun Bantul pasti akan diserbu wisatawan," pungkasnya.‎

Baca Juga: Capaian PAD Pariwisata Bantul Januari 2023 Belum On Target

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya