Kementan Dorong Gunungkidul Mandiri Benih Kedelai  

Lahan di Gunungkidul punya potensi bagus untuk kedelai 

IDN Times, Gunungkidul - Direktorat Aneka Kacang dan Umbi Kementerian Pertanian mendorong Gunungkidul untuk mandiri benih kedelai. Bahkan diharapkan dapat menjadi penyuplai benih ke daerah lain.

Dengan program Korporasi Kedelai, petani Gunungkidul utamanya di daerah Padukuhan Trengguno, Kalurahan Sidorejo, Kapanewon Ponjong diharapkan menjadi sentra pembibitan kedelai.

1. Penerima bantuan korporasi diharuskan serius

Kementan Dorong Gunungkidul Mandiri Benih Kedelai  Penyerahan satu unit kultivator dan lima penyemprot elektrik.(Dok.Istimewa)

Direktur Aneka Kacang dan Umbi Enie Tauruslina Amarullah, mengingatkan setiap penerima bantuan untuk serius dalam mengelolanya.

"Setiap korporasi wajib mengelolanya dari hulu ke hilir, Jika menjadi sentra perbenihan dan hilirisasinya dapat menjadi sentra tanam dan pengolahan. Harus ada keseriusan dalam pengolahan dari hulu hingga hilirnya," ujarnya.

2. Gunungkidul punya potensi bagus untuk tanaman kedelai

Kementan Dorong Gunungkidul Mandiri Benih Kedelai  Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto (kanan).(Dok.Istimewa)

Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto mengatakan lahan Gunungkidul untuk dapat dipetakan karena berpotensi menanam kedelai dan kacang. 

"Kami siap untuk meningkatkan produktivitas kedelai di Gunungkidul mengingat potensi lahan di Gunungkidul ini cukup bagus," ucap Wakil Bupati.

Baca Juga: Libur Lebaran, 5 Warga Gunungkidul Meninggal Akibat COVID-19

3. Berharap dapat menyuplai daerah lain

Kementan Dorong Gunungkidul Mandiri Benih Kedelai  Penanaman bibit kedelai di Gunungkidul.(Dok.Istimewa)

Ketua Kelompok Tani Sri Rejeki, Suhardi mengatakan kelompoknya telah mendapatkan bantuan benih sebanyak 2 ton, pupuk MPK 6 ton, pupuk hayati cair 120 liter, dan pestisida 80 liter selain itu juga mendapat pelatihan sekolah lapang.

"Akan kita manfaatkan sebaik mungkin untuk menunjang proses tanam dan meningkatkan hasilnya. Diharapkan Gunungkidul dapat mandiri benih serta dapat mensupply ke daerah lain," ujar Suhardi.

 

Baca Juga: Bupati Gunungkidul Minta Warganya Tidak Merantau

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya