Jembatan Kretek 2 Jadi Tempat Favorit Ngabuburit di Bantul 

Pedagang semakin ramai berjulan di Jembatan Kretek 2‎ 

Bantul, IDN Times - ‎Jembatan Kretek 2 yang menjadi salah satu ikon Kabupaten Bantul,  menjadi salah satu destinasi yang banyak kunjungi oleh wisatawan. Kini, saat bulan Ramadan jembatan yang bakal diresmikan Presiden Joko Widodo ini menjadi tempat favorit untuk ngabuburit. 

1. Jadi tempat ngabuburit yang ramai

Jembatan Kretek 2 Jadi Tempat Favorit Ngabuburit di Bantul Suasana ngabuburit di Jembatan Kretek 2 Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Salah satu warga Padukuhan Sogesanden, Kapanewon Srigading, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul, Murtijo mengakui sebelum Jembatan Kretek 2 dibuka, kegiatan ngabuburit cukup ramai di kawasan Jalur Jalan Lingkar Selatan (JJLS) Bantul.

"Ramadan tahun lalu kegiatan Ngabuburit sudah ramai di JJLS dan kini semakin ramai kegiatan ngabuburit dengan beroperasi Jembatan Kretek 2 ini. Istilahnya ada gula pasti ada semut, banyak orang berkerumun untuk ngabuburit. Pedagang ya mendekat," ujarnya, Minggu (2/4/2023). 

2. Jalanan makin ramai hingga rawan kecelakaan

Jembatan Kretek 2 Jadi Tempat Favorit Ngabuburit di Bantul Suasana ngabuburit di Jembatan Kretek 2 Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Diakuinya adanya kegiatan ngabuburit di JJLS Bantul dan Jembatan Kretek 2 mendongkrak perekonomian masyarakat setempat, namun di sisi lain jalan menuju Jembatan Kretek 2 semakin semrawut dan rawan terjadinya kecelakaan.

"Saya berharap aparat pemerintah maupun aparat kepolisan dan instansi terkait untuk memperhatikan keselamatan pengguna jalan khususnya yang akan melewati Jembatan Kretek 2 dari kedua arah," tandasnya.

Baca Juga: Pengguna Jalan Berhenti di Jembatan Kretek II, Ini Langkah Dishub

3. Jembatan Kretek 2 diprediksi jadi tempat favorit baru

Jembatan Kretek 2 Jadi Tempat Favorit Ngabuburit di Bantul Suasana ngabuburit di Jembatan Kretek 2 Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara itu, Kasi Promosi dan Pelayanan Informasi, Dinas Pariwisata, Markus Purnomo Adi mengatakan pihaknya telah memprediksi selama bulan Ramadan, Jembatan Kretek 2 bakal menjadi tempat baru kegiatan ngabuburit.

"Kalau dulu ngabuburit di JJLS saat ini bergeser ke Jembatan Kretek 2. Apalagi ketika sore hari bisa melihat sun set. Itu jadi daya tarik tersendiri," ungkapnya.

Keberadaan Jembatan Kretek 2 selain menjadi destinasi wisata baru ngabuburit saat Ramadan, juga dimanfaatkan untuk memecah arus lalu-lintas saat libur Lebaran sehingga tidak terjadi antrean panjang bahkan kemacetan di Jalan Parangtritis.

"Wisatawan yang akan keluar dari Pantai Parangtritis bisa dialihkan melalui Jembatan Kretek 2 sehingga tidak terjadi kepadatan bahkan kemacetan arus lalu lintas di Jalan Parangtritis," terangnya.‎

Baca Juga: 2 Juta Pemudik Bakal Masuk ke Bantul, Petugas Siapkan Pos Penjagaan   

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya