Hujan Lebat di Kulon Progo, Lansia dan Balita Terjebak Banjir di Rumah

Banjir hingga 1 meter, evakuasi gunakan perahu karet

Kulon Progo, IDN Times - ‎Hujan lebat yang terjadi pada Senin (5/12/2022) dari siang hingga petang hari menyebabkan banjir di Padukuhan Kalimenur, Kalurahan Sukoreno, Kapanewon Sentolo,. 

Akibatnya sejumlah lansia hingga anak-anak terjebak di dalam rumah, hingga meminta bantuan tim SAR untuk mengevakuasi ke daerah yang aman.

1. Kronologi warga yang terjebak banjir di dalam rumah‎

Hujan Lebat di Kulon Progo, Lansia dan Balita Terjebak Banjir di RumahIlustrasi Banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Yogyakarta, Kamal Riswandi mengatakan pada Senin (5/12/2022) sekitar pukul 21.23 WIB, tim mendapatkan laporan dari salah satu anggota RAPI Kulon Progo, yang mengatakan beberapa warga terjebak banjir akibat meluapnya Sungai Papah.

"Warga meminta bantuan Basarnas Yogyakarta untuk mengevakuasi warga yang terjebak dalam rumah karena debit air semakin tinggi," katanya, Selasa (6/12/2022).

2. Tim SAR evakuasi lansia yang sakit hingga balita

Hujan Lebat di Kulon Progo, Lansia dan Balita Terjebak Banjir di RumahEvakuasi warga terjebak banjir.(Dok.Basarnas Jogja)

Kantor Basarnas Yogyakarta memberangkatkan satu tim yang dilengkapi peralatan water rescue menuju Padukuhan Kalimenur. Saat tiba di lokasi tim Basarnas berkoordinasi dengan tim SAR Gabungan yang sudah berada di lokasi. 

"Tim SAR gabungan melakukan evakuasi lima warga yang terjebak banjir di dalam rumahnya. Dari lima warga yang dievakuasi terdapat dua balita, dua lansia dan dua orang pasangan suami istri," ungkapnya.

Baca Juga: 15 Ribu Warga Kulon Progo Masuk Golongan Miskin Ekstrem 

Baca Juga: Selain Ijab Kabul, Pengantin Baru di Kulon Progo Harus Hafal Pancasila

3. Sementara tinggal di rumah tetangga ‎

Hujan Lebat di Kulon Progo, Lansia dan Balita Terjebak Banjir di RumahEvakuasi warga terjebak banjir.(Dok.Basarnas Jogja)

Seluruh warga yang berhasil dievakuasi selanjutnya diserahkan kepada pihak medis dari PMI Kulon Progo dan PSC Kulon Progo untuk mendapatkan penanganan kesehatan. "Setelah selesai dilakukan penanganan medis, selanjut para korban diantar ke rumah warga yang aman dari terjangan banjir," teranganya.‎

Baca Juga: 7 Kuliner Malam di Wates Kulon Progo, Angkringan sampai Kafe

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya