Gunungkidul Kembali Salurkan Bibit Pisang Cavendish ke Petani

Pemkab Gunungkidul gencarkan penanaman bibit pisang Cavendish
Gunungkidul, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menggencarkan gerakan penanaman pisang cavendish. Kali penanaman pisang cavendish berlangsung di Bulak Ngancar, Guyangan, Kalurahan Kemiri, Kapanewon Tanjungsari.
 
Sebanyak 10.000 bibit pisang telah diterima oleh Kelompok Tani Kuncup Sari dan Mekar Sari. Selain itu, kedua kelompok tani juga mendapat bantuan berupa Pupuk NPK sebanyak 7 ton, Pupuk Organik 60 ton, dan Pupuk Trichoderma 35 kilogram. Sementara, bibit pisang nantinya akan ditanam di lahan seluas 10 hektare.
 
Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, mengawali gerakan penanaman pisang cavendish secara simbolis dengan menanam bibit pisang bersama-sama dengan para tamu undangan lainnya.

1. Penanaman pisang cavendish untuk pengembangan desa

Gunungkidul Kembali Salurkan Bibit Pisang Cavendish ke PetaniPenanaman bibit pisang cavendish. (Dok. Kominfo Gunungkidul)
Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, Rismiyadi, mengatakan pemberian bantuan bibit pisang ini adalah dalam rangka pengembangan desa yang didukung langsung oleh Bupati Gunungkidul.
 
"Mengingat Tanjungsari ini adalah kawasan wisata, harapannya satu tahun ke depan masyarakat dapat memanen dan juga menjualnya kepada wisatawan selain itu harapannya dapat menjual dan mendistribusikannya ke pasar," katanya pada Senin (24/10/2022).

Baca Juga: Musim Penghujan Datang, Warga Gunungkidul Berburu Puthul

2. Penanaman bibit pisang pertama kali dilakukan di Patuk

Gunungkidul Kembali Salurkan Bibit Pisang Cavendish ke PetaniPenanaman bibit pisang Cavendish. (Dok. Kominfo Gunungkidul)
Rismiyadi juga mengatakan, sebelumnya Dinas Pertanian bersama dengan Bupati sudah menyerahkan bantuan bibit pisang cavendish ke daerah Ngoro-oro, Patuk.
 
"Penanaman bibit pisang canvendish ini yang kedua setelah di Ngoro-oro, Patuk," ucapnya.

3. Untuk persiapan sektor ketahanan pangan

Gunungkidul Kembali Salurkan Bibit Pisang Cavendish ke PetaniBupati Gunungkidul Sunaryanta. (Dok. Istimewa)
Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, menyampaikan dalam sambutannya betapa pentingnya sektor pangan dalam kehidupan sehari-hari mengingat pertanian di Gunungkidul ini cukup besar.

"Gerakan ini dalam rangka persiapan dari sektor ketahanan pangan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat, dan Harapannya dengan gerakan ini dapat meningkatkan kebutuhan masyarakat," ucapnya.

Bupati juga berharap para petani dapat meningkatkan inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan potensi pertanian di Gunungkidul.

Baca Juga: Petani Gunungkidul Kembangkan Pisang Cavendish, Tanam 10 Ribu Bibit 

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya