Comscore Tracker

Curanmor Marak, Polres Bantul Minta Pemilik Kos Pasang CCTV‎

Penghuni kos juga bisa menambahkan kunci keamanan motor

Bantul, IDN Times - ‎Aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) cukup marak terjadi di wilayah hukum Polres Bantul. Oleh karenanya, masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap keamanan sepeda motor miliknya. Mulai dari memasang kunci pengaman, tak sembarangan memarkirkan sepeda motor, mencabut kunci motor, hingga memasang closed circuit television (CCTV).

1. Pencuri menggasak sepeda motor di lokasi yang tidak ada CCTV‎

Curanmor Marak, Polres Bantul Minta Pemilik Kos Pasang CCTV‎Kapolres Bantul, AKBP Ihsan (tengah).(IDN Times/Daruwaskita)

Berkaca dari kejadian pencurian dua sepeda motor oleh Kelompok Palembang yang telah diungkap penyidik Polres Bantul, Kapolres Bantul, AKBP Ihsan, mengatakan dalam menjalankan aksinya para pelaku mengincar kos-kosan yang dilengkapi dengan CCTV dan terkadang pemilik sepeda motor meninggalkan kunci motor tergantung di motor.

"Dalam aksinya para pelaku ini mengincar kos-kosan yang banyak dikontrak oleh mahasiswa, kemudian tidak dipasang CCTV oleh pemilik kos. Ketika pemilik sepeda motor ini lengah langsung disikat sepeda motornya," ucapnya, Selasa (2/12/2022).‎

Baca Juga: 4 Tersangka Curanmor di Bantul Dibekuk, 2 Dapat Timah Panas

2. Pemilik kos diminta tambah keamanan dengan pasang CCTV‎

Curanmor Marak, Polres Bantul Minta Pemilik Kos Pasang CCTV‎Tersangka curanmor ditangkap. (IDN Times/Daruwaskita)

Atas kejadian tersebut, Ihsan mengimbau pemilik kos-kosan di Bantul agar meningkatkan keamanan lingkungan kosnya dengan memasang CCTV. Apalagi, menurut dia harga CCTV saat ini terbilang sangat terjangkau.

"Kan ya tidak mungkin seharian memantau sepeda motor milik penyewa kos. Nah, lebih baik membeli CCTV agar lebih aman karena curanmor ini mengincar motor yang terparkir dan tidak ada CCTV-nya," ucapnya.

3. Pengontrak kos juga diminta menambah keamanan sepeda motornya‎

Curanmor Marak, Polres Bantul Minta Pemilik Kos Pasang CCTV‎Barang bukti hasil kejahatan.(IDN Times/Daruwaskita)

Kepada warga yang tinggal di kos, Ihsan juga meminta untuk meningkatkan keamanan sepeda motornya. Antara lain, menambah kunci pengamanan atau kunci rahasia, tidak meninggal kunci tergantung di motor, dan memastikan motor parkir di tempat yang aman dan mudah dilihat.

"Kadang-kadang pemilik sepeda motor ini teledor, memarkirkan sepeda motornya dan kunci tidak dicabut. Nah, ini jadi sasaran empuk pencuri apalagi di sekitarnya tidak ada CCTV," kata Ihsan.

"Pemilik kos juga harus memastikan identitas yang menyewa kos termasuk tamu yang datang ke kos untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," tandasnya.

Baca Juga: Jenazah di Pantai Goa Cemara Bantul Gegerkan Wisatawan

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya