Avanza Tabrak TPR Parangtritis hingga Terguling

Beruntung sopir dan penumpang selamat meski mobil ringsek

Bantul, IDN Times - ‎Sopir diduga mengantuk, sebuah mobil Toyota Avanza berwarna putih dengan pelat nomor polisi AB 1812 DO menabrak pembatas atau divider di tempat pemungutan retribusi (TPR) Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Senin (11/7/2022) dini hari. Kejadian ini menyebabkan mobil terguling dan ringsek. 

Satu sopir dan dua penumpang yang ada di dalam mobil nahas tidak mengalami luka-luka. Hasil pemeriksaan sementara penyebab kecelakaan karena sopir mengantuk. Kasus ini tengah ditangani oleh Unit Laka Polres Bantul.

1. Kronologi mobil Avanza tabrak TPR Pantai Parangtritis‎

Avanza Tabrak TPR Parangtritis hingga TergulingAvanza tabrak tiang TPR Parangtritis di Bantul hingga terguling, Senin (11/7/2022). (Dok. Polsek Kretek)

Kanit Laka Polres Bantul, Iptu Maryana, mengatakan mobil Avanza warna putih tersebut disopiri oleh Rahmat Hidayat, dengan dua orang penumpang yakni Anwar Buchori dan Asongko Andri Asmoro. Ketiganya adalah warga Plambongan, Tempel, Sleman. Peristiwa nahas itu berawal ketika mobil yang dikemudikan oleh Rahmat melaju dari arah selatan menuju utara dengan kecepatan tinggi pada sekitar pukul 02.00 WIB.

"Diduga karena sopir mengantuk sehingga mobil oleng kemudian menabrak pembatas jalan dan tiang penyangga TPR Pantai Parangtritis. Mobil kemudian terbalik," katanya, Senin (11/7/2022).

Akibat kejadian tersebut, mobil mengalami kerusakan pada bagian bodi depan ringsek dan kaca mobil samping kir depan pecah. Kerugian ditaksir mencapai Rp5 juta.

"Pengemudi dan dua orang penumpang selamat," ucapnya.

Baca Juga: Niat Tolong Korban Kecelakaan, Sutrisno Malah Tewas Ditabrak

2. Pengemudi mengaku dalam kondisi mengantuk‎

Avanza Tabrak TPR Parangtritis hingga TergulingTPR Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Dari keterangan pengemudi, sebelum kecelakaan terjadi mereka baru saja berkunjung ke rumah temannya di Gunungkidul kemudian berencana pulang ke rumah di Sleman. Namun saat kecelakaan terjadi pengemudi mengantuk beberapa saat dan tersadar setelah menabrak tiang di TPR Pantai Parangtritis.

"Olah TKP juga menunjukkan tidak ada tanda-tanda bekas pengereman yang dilakukan oleh sopir," ucapnya.

3. Sebelum tabrak tiang TPR, mobil tabrak rambu lalu lintas dan pembatas jalan‎

Avanza Tabrak TPR Parangtritis hingga TergulingAvanza tabrak tiang TPR Parangtritis di Bantul hingga terguling, Senin (11/7/2022). (Dok. Polsek Kretek)

Sementara, petugas TPR Pantai Parangtritis, Rohmad, mengatakan kejadian kecelakaan tunggal itu terjadi sekitar pukul 02.00 WIB. Petugas jaga saat kecelakaan terjadi juga sedang istirahat dan baru mengetahui kecelakaan saat terdengar suara yang cukup keras.

"Jadi saat ada suara (mobil menabrak tiang di TPR), petugas baru tahu ada kecelakaan," katanya.

Romad mengaku sebelum menabrak tiang penyangga bangunan TPR, mobil sempat menabrak rambu penununjuk jalan, kemudian menabrak pembatas jalan dan akhirnya menabrak tiang kemudian mobil menabrak tiang dan terbalik.

"Pengemudi dan penumpang, tiga orang selamat semua. Petugas piket kemudian melaporkan kejadian itu ke Polsek Kretek," ungkapnya.

"Mobil yang nahas juga sudah dievakuasi dari TPR dalam kondisi ringsek dan kaca pecah," ucapnya lagi.‎

Baca Juga: Fajar yang Hilang di Pantai Drini Ditemukan Meninggal Dunia

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya