Anggota DPRD Bantul Sayangkan Persiapan Panitia Komunitas Motor    

Macet, Miss Universe Switzerland gagal piknik di Gumuk Pasir

Bantul, IDN Times - ‎Kegiatan komunitas Honda CB di Kawasan Pantai Depok, Kalurahan Parangtris, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul Minggu (20/11/2022) menyebabkan kerugian ratusan juta rupiah bagi pelaku usaha. 

Ketua Komisi B, DPRD Bantul, Wildan Nafis menyayangkan kegiatan komunitas motor CB dan panitia tidak mempersiapkan acara secara matang. 

 

1. Sayangkan panitia penyelenggara acara komunitas motor‎

Anggota DPRD Bantul Sayangkan Persiapan Panitia Komunitas Motor    Ketua Komisi B DPRD Bantul, Wildan Nafis.(IDN Times/Daru)

Wildan Nafis mengatakan selain kerugian yang harus ditanggung pengelola pantai, juga menyebabkan wisatawan lainnnya terjebak kemacetan. "Kami sangat menyayangkan kejadian tersebut, panitia yang menggelar acara komunitas CB tidak mengantisipasi banyaknya peserta. Di sisi lain tak ada penambahan pendapatan dari sektor pariwisata. Pelaku usaha di kawasan pantai harus merugi ratusan juta," ujarnya, Selasa (22/11/2022).

"Maunya untung namun buntung bagi sektor pariwisata dan pelaku wisata," imbuhnya. 

2. Panitia seharusnya mempunyai rencana matang

Anggota DPRD Bantul Sayangkan Persiapan Panitia Komunitas Motor    Kemacetan di TPR Parangtritis.(IDN Times/Daruwaskita)

Politisi PAN ini mengatakan seharusnya panitia memiliki rencana atau plan A hingga Z jika terjadi kemacetan. "Harusnya panitia memiliki plan A hingga Z termasuk soal pembayaran retribusi di TPR panitia bisa berkoordinasi tentang pembayarannya. Bisa bayar dulu dengan jumlah peserta yang akan hadir. Saat peserta datang tidak perlu lagi membayar di TPR karena sudah dibayar oleh panitia," ucapnya.

Baca Juga: Kena Macet, Miss Universe Switzerland Batal ke Gumuk Pasir

3. Macet, Miss Universe Switzerland gagal piknik di Gumuk Pasir

Anggota DPRD Bantul Sayangkan Persiapan Panitia Komunitas Motor    Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto.(Dok.Istimewa)

Kepala Dinas Pariwisata, Kwintarto Heru Prabowo mengatakan pihak panitia telah mengajukan surat kepada Bupati Bantul agar memberikan dispensasi pembayaran tiket masuk ke pantai untuk 2 ribu anggota komunitas motor CB. Namun kenyataannya, jumlah peserta yang datang lebih daru 10 ribu orang. 

"Sudah minta dispensasi 2 ribu peserta tidak membayar TPR. Harusnya kalau hanya 2 ribu peserta gak sampai macet," ucapnya.

Kwintarto berharap jika ada kegiatan yang melibatkan peserta dalam jumlah besar harus melalukan koordinasi dengan instansi terkait. 

"Kegiatan komunitas CB kemarin jelas kami tidak diajak koordinasi. Kita hanya tahu ada surat ke Bupati ada dispensasi 2 ribu peserta untuk masuk TPR Parangtritis tanpa dipungut biaya. Itu saja. Kita punya acara Miss Universe Switzerland saja gagal di Gumuk Pasir akibat macet," tegas Kwintarto.‎

Baca Juga: Acara Komunitas Motor di Pantai Depok, Pelaku Usaha Rugi Ratusan Juta

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya