Comscore Tracker

Agrowisata Jeruk Bantul Mulai Dilirik, Ajak Wisatawan Petik di Kebun  

Saat ini ratusan tanaman jeruk sudah berbuah dan siap panen‎

Bantul, IDN Times - ‎Agrowisata kebun jeruk keprok di lahan pasir Padukuhan Sogesanden, Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden mulai ramai diserbu oleh wisatawan. Tak hanya datang dari wilayah sekitar, beberapa di antaranya berasal dari luar Kabupaten Bantul.‎

Lokasi kebun jeruk yang terletak di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) Jawa cukup strategis, wisatawan yang berkunjung ke Pantai Samas hingga Pantai Baru bisa mampir untuk memetik sendiri buah jeruk dari pohon. Para wisatawan cukup membayar harga jeruk yang dipetik yaitu Rp15 ribu per kilogram.

1. Ratusan tanaman jeruk berbuah dan siap panen‎

Agrowisata Jeruk Bantul Mulai Dilirik, Ajak Wisatawan Petik di Kebun  Agrowisata kebun jeruk di Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Pemilik agrowisata kebun jeruk keprok, Yuni Maryanto mengatakan luas kebun yang dimilikinya hampir 2 hektare, terdapat ratusan tanaman buah jeruk keprok yang sebagian besar siap panen.

"Ya dalam dua pekan terakhir banyak wisatawan yang datang untuk memetik buah jeruk yang telah matang di pohon, kemudian ditimbang dan tinggal membayar Rp 15 ribu per kilogramnya," katanya, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga: 10 Negara dengan Cuti Melahirkan Terburuk dan Terbaik di Dunia

2. Awalnya hanya warga sekitar yang membeli jeruk

Agrowisata Jeruk Bantul Mulai Dilirik, Ajak Wisatawan Petik di Kebun  Agrowisata kebun jeruk di Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Awalnya hanya warga sekitar yang memetik buah jeruk. Setelah  diunggah di media sosial semakin banyak orang yang berdatangan.

"Tak hanya memetik buah jeruknya saja, terkadang wisatawan juga melakukan foto saat memetik buah jeruk kemudian diunggah ke akun instagram masing-masing,"ujarnya.

Agar wisatawan puas dan tidak kapok datang, Yuni mempersilakan untuk memetik satu buah jeruk kemudian dicicipi, Jika tak manis, maka tidak akan dipungut biaya. 

"Terkadang ada wisatawan yang hanya petik sedikit kemudian meminta saya untuk memetikkan buah jeruk lainnya agar mendapatkan jeruk yang rasanya manis," ujarnya.

3. Agar rasa manis keluar, jeruk harus didiamkan selama 2-3 hari

Agrowisata Jeruk Bantul Mulai Dilirik, Ajak Wisatawan Petik di Kebun  Agrowisata kebun jeruk di Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Yuni mengaku agar rasa jeruk lebih manis, saat memetik tidak langsung dikupas dan dimakan namun didiamkan selama 2 hingga 3 hari.

"Biasanya kalau petik dan langsung dikupas dan dimakan, rasa manis jeruknya belum muncul. Setelah didiamkan 2 hingga 3 hari rasa jeruknya akan bertambah," tuturnya.

Dari hasil agrowisata jeruk ini, Yuni mengaku dalam satu hari ada 5 hingga 10 wisatawan yang mampir untuk memetik buah jeruk. 

"Ya kalau dalam dua pekan terakhir ini, hasil jualan jeruk bisa mencapai Rp2 juta. Anak saya jaga ketika ada wisatawan yang datang untuk memetik jeruk. Saya sibuk garap sawah," tuturnya.‎

Baca Juga: Dari Hobi, Yo Caps Care Jadi Pionir Reparasi Topi di Jogja

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya