2 Tahun Vakum, Tradisi Peh Cun di Pantai Parangtritis Digelar Meriah 

Peh Cun diharapkan sebagai momen bangkitnya pariwisata

‎Bantul, IDN Times - Perayaan Peh Cun hari ini, Jumat (3/6/2022) kembali digelar di Pantai Parangtritis, Bantul setelah terhenti akibat pandemik selama dua tahun. ‎

Peh Cun yang mempunyai makna wujud rasa syukur dilakukan dengan kegiatan berdoa dilanjutkan berbagai pentas kesenian di antaranya Samsie, Barongsai, Liong dan tradisi mendirikan telur.

1. Peh Cun sebagai wujud rasa syukur atas berkah yang melimpah

2 Tahun Vakum, Tradisi Peh Cun di Pantai Parangtritis Digelar Meriah Perayaan Peh Cun di Pantai Parangtritis setelah dua tahun vakum akibat pandemik.(doc.Dispar Bantul)

Ketua Pelaksana Peh Cun 2022 Yogyakarta, Raynald Sumamtou menjelaskan Peh Cun merupakan sebuah peristiwa saat matahari bersinar paling terang yang dimaknai sebagai momen membawa berkah yang besar.

"Di berbagai daerah, tradisi Peh Cun juga memiliki nama yang berbeda Pe Liong Cun serta ada pula yang menyambut sebagai Hari Bacang," tuturnya.

Selain wujud rasa syukur, perayaan ini untuk mengenang jiwa patriotisme seorang legenda tokoh Tiongkok yang rela mengorbankan dirinya untuk rakyat. Tokoh itu diketahui bernama Qu Yuan yang menenggelamkan diri ke Sungai Miluo.‎

 

Baca Juga: 11 Event Wisata Jogja Bulan Juni 2022, Ada Festival Perahu Naga!

2. Dapat mendirikan telur dipercaya akan mendapatkan berkah dan banyak rezeki

2 Tahun Vakum, Tradisi Peh Cun di Pantai Parangtritis Digelar Meriah Peh Cun diwarnai pendirian telur yang dipercata akan mendapatkan rejeki jika telur bisa berdiri.(doc.Dispar Bantul)

Khusus untuk tradisi mendirikan telur, Raynald menjelaskan hal itu bisa dilakukan ketika matahari bersinar terik dan hanya bisa terjadi pada tanggal kelima bulan kelima dalam penanggalan Imlek. Tradisi itu juga memiliki makna bahwa ketika seseorang berhasil mendirikan telur, maka orang tersebut akan mendapatkan berkah dan banyak rezeki.

"Yang bisa mendirikan telur dipercaya bisa mendapatkan berkah, karena di hari lain belum tentu bisa," tuturnya.

3. Peh Cun menjadi momentum kebangkitan pariwisata di Bantul

2 Tahun Vakum, Tradisi Peh Cun di Pantai Parangtritis Digelar Meriah Perayaan Peh Cun di Pantai Parangtritis setelah dua tahun vakum akibat pandemik.(doc.Dispar Bantul)

Kepala Seksi (Kasi) Promosi dan Informasi Wisata, Dinas Pariwisata, Pemkab Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan Peh Cun yang kembali dilaksanakan menjadi momentum bangkitnya pariwisata di Kabupaten Bantul yang kini jumlah kunjungan wisatawan sudah mendekati sebelum masa pandemik.

"Peh Cun tahun 2022 digelar  sederhana namun antusias wisatawan untuk menyaksikan Peh Cun terbilang tinggi meski bukan hari libur," ujar Markus.‎

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya