UNY Panggil Pembuat Utas Perjuangan Mahasiswa Lunasi Biaya UKT   

Mahasiswa diminta untuk melakukan klarifikasi

Sleman, IDN Times - Pihak Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memanggil mahasiswa UNY, Rachamd Ganta Semendawai yang mengunggah kisah getir Riska yang berjuang untuk membayar uang kuliah tunggal (UKT), pada Senin (16/1/2023). Pihak kampus meminta klarifikasi unggahan Ganta di Twitter yang akhirnya menjadi viral. 

Ganta mengungkapkan dirinya diminta untuk mengklarifikasi atas unggahan yang ia buat. Namun, menurutnya pemanggilan tersebut tidak penting. Ia menilai penyelesaian kasus mahasiswa yang kesulitan membayar UKT jauh lebih penting.

1. Kampus diminta fokus menyelesaikan permasalahan UKT

UNY Panggil Pembuat Utas Perjuangan Mahasiswa Lunasi Biaya UKT   Diskusi bertajuk "Ada Apa dengan UNY?" di salah satu kafe di Sleman, Senin (16/1/2023) malam. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Ganta juga menyebut tidak ada yang bisa digugat dari utas yang ia buat di Twitter tersebut. Menurutnya lebih baik pihak kampus membantu ribuan mahasiswa yang kesulitan untuk membayar UKT.

"Cuman diminta kalrifikasi. Gak ada yang bisa digugat dari thread saya. Jauh lebih pentng adalah nasib korban UNY, yang belum selesai sampai sekarang. Seribu lebih ada yang mengalami UKT yang tidak sesuai kemamapuan bayarnya. Itu jauh lebih penting," ungkap Ganta, Senin (16/1/2023) malam.

Kisah perjuangan Riska ditulis oleh Ganta Semendawai di akun Twitternya @rgantas pada Kamis (11/1/2023) lalu. Hingga Sabtu (14/1/2023), utas @rgantas telah dicuit ulang hingga 19 ribu.

2. Hasil pemanggilan UNY terhadap Ganta

UNY Panggil Pembuat Utas Perjuangan Mahasiswa Lunasi Biaya UKT   Nur Riska Fitri Aningsih. (Istimewa/@rgantas)

Ganta menyebut telah menyampaikan secara langsung permasalahan yang dihadapi mahasiswa UNY. Dia juga meminta Rektor UNY, Prof Sumaryanto dapat menyelesaikan masalah ini.

Staf Ahli Bidang Hukum UNY, Anang Priyanto membenarkan pimpinan UNY bertemu dengan Ganta untuk klarifikasi. "Hasil sebagai berikut, pertama saudara Ganta menyampaikan bahwa dalam tulisan di medsos pribadinya tidak pernah menyatakan bahwa penyebab meninggalnya Saudari Riska karena depresi saat sedang mengurus penurunan UKT. Saudara Ganta sudah dan akan melakukan klarifikasi tentang hal tersebut," kata Anang berdasar pernyataan resmi UNY. 

Baca Juga: Mahasiswa UNY Curhat Terbebani UKT, Jual Motor hingga Pindah Kampus

Baca Juga: UNY Bergerak Tuntut Besaran UKT Sesuai Kondisi Ekonomi

3. UNY klaim berkomitmen bantu mahasiswa

UNY Panggil Pembuat Utas Perjuangan Mahasiswa Lunasi Biaya UKT   Ilustrasi Uang. (IDN Times/Aditya Pratama)

Selain itu disebut, UNY berkomitmen untuk membantu mahasiswa yang memiliki kendala secara ekonomi dalam menyelesaikan studi, sesuai prosedur dan data yang teŕverikasi. UNY bersifat terbuka atas masukan, saran, dan kritik serta berkomitmen melakukan peningkatan layanan dan tata kelola dengan mengutamakan transparansi dan akuntabilitas.

"UNY menyediakan sarana atau media untuk penyampaian data atau informasi berkaitan dengan layanan, termasuk tentang UKT dan jika dipandang sangat perlu, bisa langsung disampaikan kepada rektor," ujarnya.

Baca Juga: Kisah Pilu Mahasiswa UNY Berjuang Kuliah hingga Tutup Usia

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya