UGM Peroleh Penghargaan Anugerah Media Humas Kemenkominfo

Raih predikat terbaik ketiga kategori media sosial

Sleman, IDN Times - Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali memperoleh penghargaan atas kinerja kehumasan yang dilakukan. Kali ini, penghargaan yang diterima adalah Anugerah Media Humas (AMH) oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), pada Kamis (24/11/2022) malam. 

UGM berhasil membawa piala terbaik ketiga kategori Media Sosial Kementerian/Lembaga, BUMN, BUMD, dan Perguruan Tinggi Negeri, bersanding dengan Kementerian Keuangan dan PT Pertamina (Persero) sebagai penerima predikat terbaik pertama dan kedua.

“Ini adalah buah dari kerja keras kita selama ini. Kami di Bagian Humas dan Protokol bekerja untuk melayani publik dan bukan sekadar untuk mengejar pengakuan, tapi tentunya apresiasi seperti ini memberi semangat dan motivasi tersendiri bagi kami,” ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM, Dina W Kariodimedjo, Jumat (25/11/2022).

1. Kategori yang dilombakan

UGM Peroleh Penghargaan Anugerah Media Humas KemenkominfoAnugerah Media Humas (AMH) oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) Kamis (24/11/2022) malam. (Istimewa/Humas UGM).

Ajang penghargaan tahunan AMH kali ini merupakan bentuk apresiasi atas hasil kerja humas pemerintah, utamanya terkait sosialisasi perhelatan Presidensi G20 Indonesia 2022. Selain itu, anugerah ini juga mendorong semangat berkompetisi demi peningkatan kualitas komunikasi publik pemerintah sesuai amanat Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik.

Terdapat enam kategori yang dilombakan, yaitu Siaran Pers (Media Online), Media Sosial, Website, Kampanye Komunikasi Publik, Media Audiovisual, dan Penerbitan Media Internal (Inhouse Magazine). Pada saat pembacaan nominasi, UGM masuk dalam jajaran nominator kategori Media Sosial bersama Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Sekretariat Negara, PT Pelabuhan Indonesia (Persero), dan PT Pertamina (Persero) sebelum akhirnya diumumkan sebagai pemenang ketiga mengalahkan tiga instansi lainnya.

“Persaingan di kategori ini memang cukup berat, karena kita berada di kelompok yang sama dengan kementerian dan BUMN yang mungkin memiliki sumber daya jauh lebih besar dibandingkan dengan UGM selaku institusi pendidikan. Jadi sebuah kehormatan untuk bisa menjadi wakil dari perguruan tinggi yang bersanding di atas panggung AMH,” ungkap Dina.

Baca Juga: Ekonom UGM UGM Optimis Jogja Mampu Hadapi Ancaman Resesi

2. Dorong peningkatan kapabilitas dan pemanfaatan teknologi

UGM Peroleh Penghargaan Anugerah Media Humas KemenkominfoAnugerah Media Humas (AMH) oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) Kamis (24/11/2022) malam. (Istimewa/Humas UGM).

Penghargaan untuk kategori media sosial diserahkan oleh Wicaksono atau yang dikenal dengan nama Ndoro Kakung, praktisi media sosial yang menjadi juri pada AMH 2022. Sedangkan penghargaan untuk juara umum yang pada tahun ini diraih Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diserahkan secara langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia, Johnny G Plate.

“Selamat kepada para nominator dan pemenang penghargaan yang telah menghasilkan karya-karya terbaiknya. Di masa yang akan datang mari terus tingkatkan kapabilitas dan pemanfaatan teknologi serta media baru guna menjawab tantangan kehumasan di era digital demi mewujudkan Indonesia terkoneksi makin digital makin maju,” ucapnya.

3. Mengoptimalkan media sosial

UGM Peroleh Penghargaan Anugerah Media Humas KemenkominfoLogo UGM. icst.ugm.ac.id

UGM sendiri saat ini memiliki akun media sosial resmi di sejumlah platform, di antaranya Instagram, Facebook, Twitter, dan Tiktok. Sebelumnya UGM juga telah menerima berbagai penghargaan untuk pengelolaan media sosial, salah satunya predikat Terbaik 1 untuk Pengelolaan Media Sosial dalam Anugerah Dikti 2020.

Selain itu, sejumlah lembaga juga mendapuk UGM sebagai perguruan tinggi terpopuler di media sosial di Indonesia, bahkan masuk dalam 10 perguruan tinggi dunia terpopuler di Instagram.

Baca Juga: Sering Dianggap Gulma, Mahasiswa UGM Olah Tanaman Genjer Jadi Yogurt 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya