Ribuan Penari Ambil Bagian dalam Jogja Menari II SMA Teladan

Jadi event yang melestarikan budaya dan merawat kebhinekaan

Sleman, IDN Times - Sebanyak 5.142 penari memeriahkan gelaran Jogja Menari II yang digelar di Kompleks Candi Prambanan, Minggu (18/12/2022). Acara yang digagas oleh Keluarga Alumni Teladan Yogyakarta (KATY) ini menampilkan Tarian Nusantara Harmoni yang merupakan perpaduan unsur gerakan tari dan iringan dari berbagai daerah di Indonesia.

Jogja Menari yang kedua kalinya ini, sebagai puncak rangkaian acara Lustrum XIII SMA Negeri 1 Yogyakarta. "Event ini menjadi persembahan karya alumni SMA 1 Yogyakarta dalam upaya melestarikan budaya, merawat kebinekaan, dan mendukung pariwisata," ujar Ketua Lustrum XIII Teladan, M Romahurmuziy atau yang akrab disapa Gus Rommy.

1. Terinspirasi tari dari berbagai daerah

Ribuan Penari Ambil Bagian dalam Jogja Menari II SMA TeladanJogja Menari II yang digelar di Kompleks Candi Prambanan, Minggu (18/12/2022). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Jogja Menari II terbuka bagi keterlibatan masyarakat umum, sanggar tari, komunitas, sekolah, madrasah, dan juga para wisatawan yang sedang berlibur ke Yogyakarta. Tarian Nusantara Harmoni merupakan karya tari baru yang akan ditarikan para peserta secara bersama yang memadukan unsur gerakan dan iringan dari Yogyakarta, Aceh, Betawi, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Maluku, hingga Papua. Tarian ini membawa makna semangat kebangkitan bersama Indonesia setelah melewati masa pandemi menuju Indonesia baru.

"Ini merupakan upaya untuk membangun harmoni Indonesia melalui sektor kebudayaan, mengajak seluruh anak didik kita, mulai dari pelajar bahkan umum. Menunjukkan bekerja untuk kebinekaan. Artinya berbeda itu pada akhirnya akan menjadi tunggal juga, karena satu Republik Indonesia," ujar Gus Rommy.

Baca Juga: Libur Nataru, Berkunjung ke Pantai Selatan Bantul Makin Murah

2. Tahun depan digelar lebih besar

Ribuan Penari Ambil Bagian dalam Jogja Menari II SMA TeladanJogja Menari II yang digelar di Kompleks Candi Prambanan, Minggu (18/12/2022). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Para peserta yang hadir tidak hanya dari wilayah DIY, namun juga dari berbagai daerah di Indonesia. Terjauh peserta yang datang di tahun ini dari Sulawesi. Diharapkan juga event ini menjadi gelaran yang lebih besar, bahkan internasional. "Kami bisa pastikan tahun depan digelar dengan tajuk Jogjakarta International Dance Festival," ucap Gus Rommy.

Gelaran ini juga mendapat apresiasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Pelaksana Harian (Plh) Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf, Rizki Handayani, mengapresiasi gelaran ini dan menyebut Yogyakarta memang memiliki potensi yang besar pada budaya dan pariwisata. 

3. Workshop dan berbagai kegiatan lain diharapkan ada

Ribuan Penari Ambil Bagian dalam Jogja Menari II SMA TeladanJogja Menari II yang digelar di Kompleks Candi Prambanan, Minggu (18/12/2022). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Kemenparekraf mendorong agar ke depan tidak hanya penyelenggaraan tari massal atau perlombaan, namun juga ada berbagai kegiatan lain. "Ada workshop, dialog tentang tari kostum, tata panggung, dan yang lainnya. Kami menyambut baik dan mendukung untuk event lebih besar tahun depan," ujar Rizki.

Hal senada diungkapkan oleh Direktur Pemasaran dan Pariwisata BOB, Agus Rochiyardi yang menyampaikan apresiasi gelaran ini. "Event yang sangat baik. Meneguhkan budaya Indonesia yang beragam," kata Agus.

Dalam acara Jogja Menari II juga diadakan kompetisi dengan total hadiah Rp100 juta untuk kategori grup terbaik, kostum terbaik, dan penari terbaik.

Baca Juga: Boyz II Men Tampil Maksimal di Teladan Music Festival

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya