PSI DIY Apresiasi Pembagian Kekancingan Sultan Ground

Warga diminta jaga tanah Sultan Ground

Yogyakarta, IDN Times -  Keraton Yogyakarta memberikan serat kekancingan tanah Kasultanan atau Sultan Ground (SG) bagi 20 warga di Kampung Sindurejan, Kalurahan Patangpuluhan, Kota Yogyakarta, Kamis (5/1/2023) lalu.

DPW PSI DIY mengapresiasi kebijakan yang dilakukan Keraton Yogyakarta itu. Ketua DPW PSI DIY, Kamaruddin, menilai langkah Keraton Yogyakarta tepat dan merupakan wujud kepedulian terhadap rakyat miskin.

"Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kebijakan Keraton Yogyakarta. Ini langkah nyata bahwa Keraton Yogyakarta peduli terhadap rakyat miskin, yangg selama ini tidak mempunyai tanah," ujar Kamaruddin, Sabtu (7/1/2023).

1. PSI berharap Sultan Ground dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat

PSI DIY Apresiasi Pembagian Kekancingan Sultan GroundKetua DPW PSI DIY, Kamaruddin. (Dok.Istimewa).

Penyerahan serat kekancingan dilakukan Penghageng Datu Dana Suyasa, GKR Mangkubumi, kepada perwakilan 20 keluarga dan kepada Sekda Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya, di Kantor Kawedanan Panitikismo, Kompleks Pracimosono, Keraton Yogyakarta. Pemberian serat kekancingan merupakan bentuk implementasi pemanfaatan tanah Kasultanan untuk masyarakat.

"Kami berharap, ke depan Keraton Yogyakarta dapat membagikan tanah SG di daerah-daerah lain yang masyarakatnya belum memiliki tanah untuk tempat tinggalnya, maupun sebagai lahan tempat bercocok tanam bagi petani yang tidak tidak memiliki lahan," ujar Kamaruddin.

2. Warga diminta menjaga dan memanfaatkan tanah Sultan Ground

PSI DIY Apresiasi Pembagian Kekancingan Sultan GroundPenghageng Datu Dana Suyasa, GKR Mangkubumi. (Dok. Keraton Yogyakarta).

Sebelumnya, saat penyerahan kekancingan, GKR Mangkubumi mengatakan dikeluarkannya serat kekancingan tahun 2023 ini setelah diselesaikannya proses dengan pemerintah pusat maupun daerah untuk aturan-aturan tentang pemanfaatan tanah SG. "Kami berharap agar masyarakat yang menggunakan tanah Kasultanan agar menjaga dan memanfaatkan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat,” kata GKR Mangkubumi.

Sementara, Sekda Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya menerima serat kekancingan untuk bangunan SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta yang terletak di Jalan Patehan Lor, Kota Yogyakarta. “Matur nuwun (terima kasih) keraton sudah memberikan kejelasan bagi masyarakat dan Pemkot, kami siap menjaga amanah dan fungsi yang sudah disuratkan jelas di (surat) kekancingan,” kata Aman.

Baca Juga: Tanah Sultan Ground Diperjualbelikan, Sri Sultan Beberkan Modusnya 

Baca Juga: 2 Mako Brimob Polda DIY Bakal Dibangun di Atas Sultan Ground

3. Warga mengucapkan terima kasih

PSI DIY Apresiasi Pembagian Kekancingan Sultan GroundPenyerahan kekancingan Sultan Ground. (Dok. Keraton Yogyakarta).

Mujiyatun, salah seorang warga penerima Serat Kekancingan merasa senang dan lega. “Saya kebetulan merawat sendiri, sesudah bapak, saudara yang lain sudah tidak di Jogja lagi. Alhamdulillah sekarang (sudah) ditempati secara resmi,” kata Mujiyatun.

Demikian halnya dengan Wiji Harjono yang merasa bangga setelah menerima Serat Kekancingan untuk rumahnya 100 m2. “Saya bangga saja, bisa menerima. Semoga nanti selanjutnya anak saya yang akan meneruskan untuk menjaga,” ucap Wiji.

Baca Juga: Gandhok Coffee, Kedai Kopi dan Tempat Makan Bakmi Dekat Keraton Jogja 

Baca Juga: Sejarah Geger Sepehi, Penjarahan Keraton Yogyakarta oleh Inggris

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya