PHRI Gelar Wisata Sepeda untuk Naikkan Jumlah Wisatawan di Jogja  

Kegiatan wisata sepeda naikkan ribuan kamar hotel di DIY 

Yogyakarta, IDN Times – Bangkitkan pariwisata, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menggelar PHRI Bike Tour, Sabtu (17/9/2022). Event ini menjadi seri keempat dengan tajuk PHRI Bike Tour Jogja Istimewa Guyub Sesarengan.

Sebelumnya event PHRI Bike Tour digelar di Padang kemudian Bali untuk seri 2, dan Bogor gelaran seri ke-3. “Selanjutnya seri 4 ini di Yogyakarta. Seri 5 nanti di Mandalika, selanjutnya di Makassar dan Jakarta. Ini merupakan program BPP PHRI,” kata Ketua PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono, Minggu (18/9/2022).

1. Membangkitkan pariwisata di DIY

PHRI Gelar Wisata Sepeda untuk Naikkan Jumlah Wisatawan di Jogja  PHRI Bike Tour Jogja Istimewa Guyub Sesarengan. (Istimewa/PHRI).

Antusias peserta mengikuti PHRI Bike Tour seri 4 ini cukup tinggi. Dari target peserta 300, bisa mencapai 386 peserta. “Peserta dari pelaku wisata dan masyarakat umum. Ada hadiah menarik dua sepeda dan puluhan voucher hotel dan resto juga,” ucap Deddy.

Deddy mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah membangkitkan pariwisata DIY serta mengenalkan keindahan alam Yogyakarta. “Kami ingin mengenalkan keindahan alam Yogyakarta yang begitu indah, mempesona."

Adapun rute yang dilalui peserta, start dari Jogja City Mall (JCM), kemudian menyusuri kawasan Selokan Mataram, untuk melihat pemandangan sawah dan perbukitan. Menuju Geblek Pari Nanggulan, Kulon Progo, untuk istirahat dan selanjutnya kembali lagi ke titik awal di JCM.

2. Minat wisata bersepeda masih tinggi

PHRI Gelar Wisata Sepeda untuk Naikkan Jumlah Wisatawan di Jogja  PHRI Bike Tour Jogja Istimewa Guyub Sesarengan. (Istimewa/PHRI).

Bersepeda sejak pandemik Covid-19 memang banyak digandrungi banyak orang. Hingga saat ini tren wisata bersepeda dinilai masih banyak peminatnya.“Karakter sangat bagus baik yang (jalan) datar, naik, turun, selalu ada beberapa alternatif,” ujar Deddy.

Ia mencontohkan jalur yang digemari pesepeda di antaranya jalur barat, di wilayah Sleman ke Kulon Progo. Kemudian untuk jalur selatan, Jogja ke Selopamioro Imogiri, Jogja ke Bibis, dan masih banyak lainnya. Untuk jalur timur Jogja, di Prambanan lalu Breksi sampai dengan Candi Ijo. Jalur utara ke Kaliurang, Plunyon, Turgo.

Baca Juga: Thomas Dian Si Pesulap Sepeda Rongsok dari Jogja Jadi Berkelas 

3. Berbagai event geliatkan wisata

PHRI Gelar Wisata Sepeda untuk Naikkan Jumlah Wisatawan di Jogja  PHRI Bike Tour Jogja Istimewa Guyub Sesarengan. (Istimewa/PHRI).

Berbagai event yang digelar di DI Yogyakarta dinilai berpengaruh pada geliat wisata. Termasuk gelaran PHRI Bike Tour Jogja Istimewa Guyub Sesarengan ini mendongkrak kunjungan wisatawan. Sehingga, menurut Deddy, perlu diperbanyak lagi event di DI Yogyakarta.

“Banyaknya event seperti JBR (Jogja Bike Rendezvous), PHRI Bike Tour, KAI Bike, dan yang lainnya di Jogja, minggu ini cukup mendongkrak okupansi. Seperti JBR menggunakan 1.200 kamar di DIY. Sehingga perlu event semakin diperbanyak,” ucap Deddy. 

Baca Juga: 5 Jalur Sepeda Asyik di Bantul, Perbukitan hingga Pantai

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya