Pemkab Sleman dan SMAN 1 Cangkringan Adakan Milenial Kreatif Festival 

Ajak generasi muda bersemangat berkarya

Sleman, IDN Times - Wadahi kreativitas para milenial, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman melalui Rumah Kreatif Sleman (RKS) bekerja sama dengan SMA Negeri 1 Cangkringan mengadakan Creative Millennialpreneurs Festival 2023 (CMFest 3.0 – 'SemangArt!'): SMANCA & RKS.

Event ini akan diselenggarakan di Atrium Rama, Ground Floor, Sleman City Hall (SCH), selama 4 hari mulai Kamis (2/2/2023) hingga Minggu (5/2/2023), pukul 10.00 WIB - 22.00 WIB.

Sekretaris Disperindag Sleman, Tina Hastani mengatakan Creative Millennialpreneurs Festival 2023 (CMFest 3.0 – “SemangArt!”): SMANCA & RKS tahun ini menjadi gelaran ketiga kalinya dilaksanakan Rumah Kreatif Sleman. Creative Millennialpreneur Festival 3.0 ini dilaksanakan bersamaan untuk memperingati hari ulang tahun SMAN 1 Cangkringan ke-25 tahun dan mengangkat tema 'SemangArt!'.

"Tagline 'SemangArt!' diambil untuk menyampaikan pesan kepada pelaku IKM (Industri Kecil Menengah) dan generasi muda untuk terus bersemangat berkarya dengan mengembangkan produk bernilai seni dan budaya," ungkap Tina, saat konferensi pers di Pendopo Parasamya Pemkab Sleman, Senin (30/1/2023).

1. Dukung pemulihan ekonomi

Pemkab Sleman dan SMAN 1 Cangkringan Adakan Milenial Kreatif Festival ilustrasi milenial (IDN Times/Nathan Manaloe)

Dijelaskan Tina, Creative Millennialpreneurs Festival 2023 (CMFest3.0 – 'SemangArt!'): SMANCA & RKS bertujuan untuk memfasilitasi akses pasar secara langsung kepada IKM Kabupaten Sleman dalam rangka pemulihan ekonomi dalam masa pandemi Covid-19.

"Menumbuhkan jiwa wirausaha bagi generasi muda khususnya siswa SMA di Kabupaten Sleman. Selain juga untuk tahun ini meningkatkan wawasan siswa SMAN 1 Cangkringan tentang kewirausahaan yang berbasis teknologi informasi dan digitalisasi," ujar Tina.

2. Siap hadirkan berbagai produk kreatif

Pemkab Sleman dan SMAN 1 Cangkringan Adakan Milenial Kreatif Festival Ilustrasi UMKM. (IDN Times/Aditya Pratama)

Kepala sekolah SMAN 1 Cangkringan, M. Warsun Latif mengungkapkan SMAN 1 Cangkringan sejak awal telah membekali para siswa untuk bisa mandiri berwirausaha. Pihak sekolah mendorong para siswa untuk bisa membuat produk-produk yang berkualitas, dan bisa dipasarkan. "Banyak sekali produk-produk yang telah dihasilkan. Semoga pengunjung pameran bisa menikmati," ujarnya.

Public Relation Sleman City Hall, Uray Dewi Utami mengungkapkan Sleman City Hall mendukung penyelenggaraan pameran ini. Seiring semakin meningkatnya jumlah pengunjung mall diharap bisa meningkatkan pengunjung pameran. "Traffic sudah tinggi untuk akhir pekan diatas 20 ribu pengunjung, hari biasa 10 ribu hingga 15 ribu. Kami sangat mendukung berbagai event dan kegiatan komunitas," ungkapnya.

Baca Juga: 5 Kedai Seafood di Sleman yang Cocok untuk Dinner Bersama Keluarga

Baca Juga: Agenda Wisata Sleman Tahun 2023, Ada 60 Event!

3. Berbagai kemeriahan di Creative Millennialpreneurs Festival 2023

Pemkab Sleman dan SMAN 1 Cangkringan Adakan Milenial Kreatif Festival Sekretaris Disperindag Sleman, Tina Hastani. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Creative Millennialpreneurs Festival 2023 (CMFest 3.0 – “SemangArt!”): SMANCA & RKS diikuti 24 kelompok wirausaha siswa SMANCA dan 40 IKM anggota RKS. 

Selain pameran dan lomba, dilaksanakan talkshow Bangun Mindset Bisnis Sukses di Era Digital oleh Rifki Ali Hamidi yang merupakan Pengusaha Muda Owner Batik Kertabumi. Kreatif bersama Perca (Maple Sew: IKM binaan RKS). Talkshow Sukses Dapat Cuan dari Youtube (Dangang Giri Sadewa: Content Creator Youtube dengan 315K Subscriber). Kemudian, talk show Youngpreneur: Be Young Be Rich (dr. Imam: Coach Bisnis). "Pentas seni dan pertunjukan sulap. Serta, Spectacular Show bintang tamu, Woro Widowati," ujar Tina.

Untuk memeriahkan selama kegiatan pameran akan didukung dengan berbagai macam acara, di antaranya lomba senam (SD), lomba fashion show batik (SD), lomba mewarnai (TK, SD), lomba solo vocal (SMP), lomba Kids Moderen Dance Competition (TK-SD) serta Fashion Art (SMA N 1 Cangkringan).

Baca Juga: 5 Rekomendasi Restoran Italia dengan Cita Rasa Otentik di Sleman

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya