Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta Sabet 4 Piala Anugerah Media Humas

4 tahun langganan meraih penghargaan

Yogyakarta, IDN Times - Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyabet empat kategori penghargaan dalam Anugerah Media Humas (AMH) tahun 2022. Terhitung sudah empat tahun sejak tahun 2019 hingga saat ini, DIY tidak pernah absen meraih penghargaan AMH dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo).

Tahun ini DIY mendapat penghargaan terbaik ke-2 kategori siaran pers, terbaik ke-2 penerbitan media internal (Inhouse Magazine), terbaik ke-2 kampanye komunikasi publik, dan terbaik ke-3 kategori media sosial.

Deretan prestasi DIY itu diterima oleh Plh. Asisten Sekretariat Daerah DIY Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Wiyos Santoso, di Hotel Marriott Yogyakarta, Kamis (24/11/2022).  

1. Humas menjadi jembatan komunikasi program kerja pemerintah ke masyarakat

Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta Sabet 4 Piala Anugerah Media HumasAnugerah Media Humas (AMH) tahun 2022. (Istimewa/Humas Pemda DIY).

Acara yang diselenggarakan tahunan ini merupakan ajang yang cukup bergengsi dari Kemenkominfo RI untuk mengapresiasi insan humas. Apresiasi diberikan setinggi-tingginya terhadap komunikasi publik serta kehumasan kementerian/lembaga, BUMN, BUMD, perguruan tinggi, dan pemerintah daerah.

Menkominfo Jhonny Gerard Plate mengatakan humas pemerintah menjadi salah satu jembatan komunikasi program kerja pemerintah kepada masyarakat, membangun citra pemerintah serta menampung aspirasi publik. "Cepatnya persebaran informasi saat ini memang sangat dibutuhkan peran dari Government Public Relations (GPR) atau humas pemerintah untuk dapat menyediakan informasi yang akurat serta aktual bagi masyarakat, mengingat banyaknya isu-isu hoaks yang menyebar," terang Menkominfo.

2. Humas harus bisa mengedukasi masyarakat

Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta Sabet 4 Piala Anugerah Media HumasAnugerah Media Humas (AMH) tahun 2022. (Istimewa/Humas Pemda DIY).

Peran humas pemerintah saat ini menjadi sangat penting karena bertanggung jawab dalam mentranslasikan kebijakan serta informasi pemerintah agar dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat. Maka dari itu, humas pemerintah diharapkan dapat mengedukasi serta mengarahkan masyarakat untuk memilih sumber informasi yang terpercaya.

Jhonny menjelaskan bahwa kehumasan yang berpusat pada pengalaman manusia atau humanisme menjadi penting untuk selalu dikedepankan melihat berbagai tanggung jawab dan fungsi yang dimiliki oleh GPR. “Secara filosofis kehumasan menjadi tulang punggung bagi pemerintah baik pusat maupun daerah, BUMN, dan BUMD dalam proses komunikasi, klarifikasi, dan edukasi, terlebih tantangan ke depan yang akan semakin beragam dan tak terprediksi,” tegas Jhonny.

Baca Juga: Sejarah Hotel Tugu Jogja, Dulu Berjaya, Kini Terlupa

Baca Juga: Prosesi Nikah Kaesang-Erina di Jogja Mulai 8 Desember, Ini Jadwalnya 

3. Kolaborasi akan didorong

Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta Sabet 4 Piala Anugerah Media HumasAnugerah Media Humas (AMH) tahun 2022. (Istimewa/Humas Pemda DIY).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika DIY, Hari Edi Tri Wahyu Nugroho mengatakan penghargaan yang diterima sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat atas berbagai aktivitas kehumasan Pemda DIY. Dengan penghargaan yang sudah diraih, dapat meneguhkan kehumasan Pemda DIY dari segala lini kehumasan.

“Empat penghargaan yang diraih meneguhkan kita dari segala lini kehumasan, walaupun tahun ini kita belum ada yang meraih di posisi ke satu. Saya berharap ke depannya perlu ditingkatkan lagi terkait dengan kehumasan di Pemda DIY serta perlunya kolaborasi antar semua organisasi perangkat daerah (OPD). Tidak lupa juga untuk meningkatkan komunikasi publik Pemda DIY ke masyarakat terkait dengan keberhasilan yang telah diraih,” ucap Wahyu. 

Baca Juga: Pernikahan Kaesang-Erina Dongkrak Reservasi Hotel di Jogja

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya