Resmi Dibuka, KUSTOMFEST Turut Gerakkan Ekonomi Kreatif

Sandiaga Uno mengapresiasi gelaran KUSTOMFEST

Yogyakarta, IDN Times - KUSTOMFEST 2022 resmi dibuka di Jogja Expo Center (JEC) pada Sabtu (1/10/2022). Ajang ini disebut sebagai pengungkit ekonomi kreatif dan pariwisata di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekfraf), Sandiaga Uno, menyebut industri desain produk ini diprediksi akan terus meningkat. KUSTOMFEST bisa menjadi tuan rumah bagi perkembangan dunia produk industri dan bisa menjadi roda-roda ekonomi pariwisata dan juga UMKM di Indonesia.

“Selain itu, kehadiran acara KUSTOMFEST ini juga turut membantu tingkat okupansi penginapan di wilayah DI Yogyakarta karena banyaknya tamu yang hadir,” kata Sandiaga.

1. Event kelas dunia

Resmi Dibuka, KUSTOMFEST Turut Gerakkan Ekonomi KreatifPembukaan KUSTOMFEST 2022 di Jogja Expo Center (JEC) pada Sabtu (1/10/2022). (Dok. KUSTOMFEST).

Setelah vakum melakukan acara offline selama 3 tahun karena pandemi, pada tahun ini KUSTOMFEST kembali menggebrak dengan menghadirkan beberapa konten baru dan menjadi salah satu acara yang paling ditunggu oleh pecinta kustom kulture Indonesia

“Adanya sebuah event dengan kelas dunia ini menjadi sebuah keuntungan bagi pariwisata Indonesia yang sudah mulai bangkit lagi belakangan ini,” ujar Sandiaga.

Baca Juga: KUSTOMFEST Hadir Lagi, Tampilkan Karya Baru Builder Kenamaan

2. KUSTOMFEST berproses dari bawah

Resmi Dibuka, KUSTOMFEST Turut Gerakkan Ekonomi KreatifPembukaan KUSTOMFEST 2022 di Jogja Expo Center (JEC) pada Sabtu (1/10/2022). (Istimewa/KUSTOMFEST).

KUSTOMFEST sejak tahun 2012 dimulai dari bawah sehingga bisa sampai ke titik ini. “Dari setiap penyelenggaraan KUSTOMFEST, kami terus berproses membuat program dalam upaya meningkatkan kualitasnya sehingga menjadi ruang kreasi serta inovasi unggulan dari dunia kustom di Indonesia,” kata Director KUSTOMFEST, Lulut Wahyudi.

Tidak hanya itu saja, KUSTOMFEST memperhatikan dampak besar dari penyelenggaraan KUSTOMFEST untuk ikut mendorong perekonomian dengan melibatkan berbagai stakeholder dari pemerintah hingga instansi terkait.

Lulut juga menambahkan perjalanan panjang dari event KUSTOMFEST juga   membantu builder lokal untuk naik level secara skill dan strategi promosinya dengan mengundang tamu internasional. Beberapa builder dunia serta para pegiat industri kustom kulture termasuk media setiap tahunnya selalu diundang untuk berbagi informasi.

3. Sebanyak 160 motor kustom ambil bagian

Resmi Dibuka, KUSTOMFEST Turut Gerakkan Ekonomi KreatifPembukaan KUSTOMFEST 2022 di Jogja Expo Center (JEC) pada Sabtu (1/10/2022). (Istimewa/KUSTOMFEST).

Suguhan acara Kustom Bike Show di KUSTOMFEST 2022: We’ll Be Back mampu menyedot antusiasme sebanyak 160 motor kustom hasil dari kurasi komite untuk bisa bersaing menjadi yang terbaik. Sementara peserta Hot Rod & Kustom Car diikuti oleh 36 kontestan.  Semua peserta yang tampil terlihat sangat fresh dan istimewa karena merupakan karya yang baru dan belum pernah dihadirkan di acara kustom lain.

Pada tahun ini builder internasional akan membawa karyanya, Kaichiroh Kurosu builder Cherry’s Company yang sudah beberapa kali datang ke KUSTOMFEST akan membawa ‘Highway Fighter’, sebuah maha karyanya yang hingga kini masih banyak diminta oleh beberapa pelanggannya dari beberapa negara, Yoichi Yoshizawa Custom Works Zon akan memamerkan ‘Huracan’, Masa punggawa Luck MC dengan ‘Shirley Junior’, Toshiyuki Osawa dari Cheetah Custom Cycles menerbangkan ‘The Comet 45’ dan salah satu builder Jepang yang baru pertama kali datang Takuya Aikawa builder dari Sure Shot yang langsung membawa ‘DST’, Mooneyes yang selalu memberikan dukungan setiap tahunnya pada KUSTOMFEST kali ini secara khusus membawa mobil kodok VW Type 1 Drag Race legendaris.

Baca Juga: Chopper Electric Bike 'Candradimuka' Jadi Lucky Draw KUSTOMFEST 2022

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya