KPU Yogyakarta Temukan Ratusan Orang Tinggal di RT/RW Nol 

KPU Kota Yogyakarta melakukan perbaikan DPS

Yogyakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta menemukan ratusan orang di Daftar Pemilih Sementara (DPS) dengan RT/RW 0 atau nol. Berangkat dari temuan itu, KPU Kota Yogyakarta melakukan perbaikan DPS.

Komisioner Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kota Yogyakarta, Siti Nurhayati, mengatakan terdapat 904 data pemilih dengan RT dan RW 0. "Ini sudah kami telusuri satu persatu. Kami sudah secara keseluruhan, tapi memang ada RT/RW-nya nol. Memang harus kita koordinasikan dengan pengampu di masing-masing wilayah," kata Siti, di sela Rapat Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Pemilu 2024, di Hotel TARA, Jumat (12/5/2023).

1. Terus melakukan perbaikan daftar pemilih

KPU Yogyakarta Temukan Ratusan Orang Tinggal di RT/RW Nol Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, KPU Kota Yogyakarta, Siti Nurhayati. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Siti menjelaskan temuan ini berkat dukungan dari berbagai pihak, pihaknya bakal memperbaiki perbaikan dan berproses untuk perbaikan DPS. "Hari ini kita rekapitulasi, kita plenokan. Nanti hasilnya kita umumkan lagi," katanya.

Siti mengungkapkan masyarakat saat ini, hingga dua pekan ke depan masih bisa memberi masukan, hingga nantinya ditetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT). "Isu RT RW ini menjadi perbincangan saat ini. Kami berterima kasih adanya masukan dan tanggapan dari masyarakat," ujar Siti.

2. Diperlukan peran aktif warga

KPU Yogyakarta Temukan Ratusan Orang Tinggal di RT/RW Nol Rapat Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Pemilu 2024, di Hotel TARA, Jumat (12/5/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Siti mengatakan selama proses perbaikan, warga Kota Yogyakarta cukup aktif. KPU Kota Yogyakarta terus berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta untuk mengecek daftar pemilih.

"Respons positif artinya daftar pemilih Kota Yogyakarta ini dikawal dengan baik oleh semua pihak. Sehingga kami menelusuri dengan berkoordinasi dengan Disdukcapil, dan kami mengecek secara detail nama-nama pemilih tersebut," ungkap Siti.

Baca Juga: Mantan Pelatih PSS dan PSIM, Seto Nurdiantoro Maju Caleg DPR RI

3. Disdukcapil siapkan layanan online

KPU Yogyakarta Temukan Ratusan Orang Tinggal di RT/RW Nol Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Analis Kebijakan Sub Bidang SIAK Disdukcapil Kota Yogyakarta, Joko Setiadi, mengungkapkan pihaknya mendukung untuk proses perbaikan daftar pemilih ini. Layanan secara daring pun disediakan untuk mempermudah masyarakat memperbaiki datanya.

"Itu bisa melalui layanan online. Sehingga mereka tinggal upload dokumen yang kita minta, ada layanan WhatsApp. Akan kami update betulkan RT/RW-nya tinggal diajukan yang benar berapa," ujar Joko.

Baca Juga: Pakar Politik UGM:Jelang 2024 Strategi Malaikat hingga Setan Disiapkan

Topik:

  • Febriana Sintasari
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya