Kedatangan 4 Juta Wisatawan ke Jogja Diprediksi Mulai 23 Desember 

Objek wisata yang menjadi perhatian adalah Parangtritis

Yogyakarta, IDN Times - Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta (Dishub DIY) menyebut 4 juta wisatawan bakal masuk ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). 

Kepala Dishub DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti menyebut selama Nataru sekitar 7 juta orang akan melakukan mobilitas di DIY. "Jumlah penduduk DIY 3,7 juta, ditambah sekitar 4 juta lah (wisatawan). Total 7 jutaan orang berada di DIY," kata Made, di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Kamis (15/12/2022).

1. Kedatangan wisatawan dimulai 23 Desember

Kedatangan 4 Juta Wisatawan ke Jogja Diprediksi Mulai 23 Desember Candi Prambanan. (IDN Times/Holy Kartika)

Made menyebut selama liburan bakal banyak wisatawan yang pergi ke objek wisata. Jalan menuju objek wisata akan menjadi perhatian di masa liburan. "Akan menuju ke tempat yang mempunyai potensi wisata, akan tersebar, kemungkinan lalu lintas cukup ramai," kata Made.

Made menyebut kedatangan wisatawan diperkirakan mulai Jumat (23/12/2022). Sementara mobilitas wisatawan akan terjadi mulai Sabtu (24/12/2022) hingga Minggu (1/1/2023).

2. Sejumlah jalur objek wisata jadi perhatian

Kedatangan 4 Juta Wisatawan ke Jogja Diprediksi Mulai 23 Desember Ilustrasi wisatawan memadati Pantai Parangtritis, Bantul, DI Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Salah satu jalan menuju objek wisata yang menjadi perhatian yaitu menuju Pantai Parangtritis. Made menyebut Dishub dan Dinas Pariwisata akan mengatur arus menuju objek wisata.

"Sering terjadi penumpukan Pantai Parangtritis, tempat pengambilan retribusi bisa diatur. Jembatan Kretek 2 bisa menjadi alternatif memecah kemacetan sebenarnya. Memang masih manual pembayaran di TPR, jadi agak lama," ujar Made.

Baca Juga: Wisatawan di Jogja Capai 4 Juta Orang, Pemda Berharap Lampaui Target

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Jogja dengan View Terbaik Gunung Merapi

3. Keberadaan 66 unit kamera pengawas memantau arus lalu lintas

Kedatangan 4 Juta Wisatawan ke Jogja Diprediksi Mulai 23 Desember IDN Times/Tunggul Kumoro

Keberadaan kamera pengawas yang ada di sejumlah simpang jalan protokol atau ATCS sebanyak 66 unit di DIY akan dimaksimalkan. Meski diakui Made, jika kondisi hujan kamera tidak bisa bekerja dengan maksimal.

“ATCS sangat membantu sekali, selain bisa mengontrol volume lalu lintas juga bisa menghitung otomatis jumlah arus (kendaraan) yang masuk. Mudah-mudahan cuacanya bagus sehingga semua aktif dan bisa digunakan,” kata Made.

Baca Juga: Catat Agenda Wisata Desember 2022 di Jogja, Ada Festival Oleh-oleh 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya