KAI Daop 6 Tambah Jumlah Tiket Kereta Api untuk Libur Nataru

Ada puluhan ribu tempat duduk tambahan

Yogyakarta, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah jumlah perjalanan kereta api untuk melayani masyarakat pada masa Angkutan Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023. KAI Daop 6 Yogyakarta setidaknya akan mengoperasikan 9 kereta api tambahan pada periode keberangkatan 22 Desember 2022–8 Januari 2023.

Tambahan tiket Kereta Api ini juga sudah bisa dipesan dari Selasa (22/11/2022) melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, dan seluruh channel penjualan online resmi lainnya.

“Kereta Api tambahan ini tersedia untuk perjalanan relasi favorit seperti Malang, Cirebon, Purwokerto, Surabaya, Madiun dan Jakarta,” kata Manajer Humas Daop, 6 Franoto Wibowo, Selasa (22/11/2022) malam.

1. Puluhan ribu tempat duduk tambahan

KAI Daop 6 Tambah Jumlah Tiket Kereta Api untuk Libur NataruIlustrasi Stasiun Yogyakarta. (IDN Times/Holy Kartika)

Total di wilayah Daop 6 terdapat tambahan sebanyak 84.324 tempat duduk atau rata-rata 4.685 tempat duduk per hari. Kereta api tambahan pada periode Angkutan Nataru ini disediakan agar pelanggan lebih leluasa dalam memilih jadwal keberangkatan.

“Hadirnya KA-KA tambahan tersebut menunjukkan kesiapan KAI dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan yang ingin melakukan perjalanan di masa Nataru ini, serta merupakan wujud komitmen untuk optimal melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya,” ujar Franoto.

Baca Juga: Pengunjung Parkir Sembarangan di Jalan Malioboro Jadi Sorotan

2. Merencanakan liburan dengan baik

KAI Daop 6 Tambah Jumlah Tiket Kereta Api untuk Libur NataruIlustrasi Infrastruktur (Kereta). IDN Times/Arief Rahmat

Franoto mengimbau kepada para calon penumpang untuk merencanakan perjalanan liburan Nataru ini dengan baik. Dikatakannya masyarakat bisa melakukan pembelian tiket jauh-jauh hari sebelumnya.

"Kami berharap masyarakat merencanakan perjalanan liburan Nataru ini dengan baik dan segera memesan tiket dari jauh-jauh hari, karena tiket KA masa Libur Natal dan Tahun Baru 2023 masih cukup banyak tersedia," kata Franoto.

3. Prokes jadi perhatian

KAI Daop 6 Tambah Jumlah Tiket Kereta Api untuk Libur NataruIlustrasi suasana Stasiun Kereta di tengah pandemik COVID-19 (Dok. Humas KAI)

Pada masa angkutan libur Nataru ini, KAI tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna mencegah penyebaran COVID-19 pada transportasi kereta api. Untuk menggunakan KA jarak jauh, pelanggan berusia 18 tahun ke atas harus telah mendapatkan vaksin ketiga (booster) dan pelanggan usia 6-17 telah vaksin kedua, sesuai SE Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022.

“Untuk informasi lebih lanjut terkait KA Tambahan dan penjualan tiket pada masa Angkutan Nataru, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121,” tutup Franoto.

Baca Juga: Ini Aturan Bagasi Penumpang Kereta Api, Boleh Bawa Sepeda?

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya