Hanum Rais Berlabuh ke Partai Ummat, Pamit dari PAN 

Bagimana dengan anak Amien Rais lainnya?

Sleman, IDN Times - Putri Amien Rais, Hanum Salsabiela Rais akan ikut menyeberang ke Partai Ummat. Hanum yang merupakan anggota DPRD DIY PAN, mengaku sudah mengajukan surat pengunduran diri.

Hanum sudah dikenalkan sebagai bacaleg dan memberikan sanbutan di kegiatan Syawalan dan Rakerwil I Partai Ummat DIY, di halaman Yayasan Budi Mulia Dua, Jalan Raya Tajem km 3, Ngemplak, Sleman, Sabtu (29/4/2023).

1. Surat pengunduran diri sudah dikirim

Hanum Rais Berlabuh ke Partai Ummat, Pamit dari PAN IDN Times/Tunggul Kumoro

Saat ditanya pengunduran dirinya, Hanum mengatakan sudah menginformasikan pengunduran dirinya kepada Ketua Umum PAN. Ia sudah menyampaikan surat resmi. "Saya sudah informasi Pak Ketum PAN sudah paham saya sudah mengundurkan diri juga. Sudah (surat resmi)," ujar Hanum.

Hanum menjelaskan surat pengunduran dirinya sudah dikirim sebelum Lebaran. "(Dikirim) Kira-kira 10 hari terakhir puasa kemarin, yang penting prosesnya sudah berjalan ya," kata Hanum.

2. Hanum mantap meninggalkan PAN

Hanum Rais Berlabuh ke Partai Ummat, Pamit dari PAN Putri Amien Rais, Hanum Salsabiela Rais akan ikut menyeberang ke Partai Ummat.(IDNTimes/Herlambang Jati)

Hanum mengaku sudah mantap untuk menyeberang ke Partai Ummat. Menurutnya ini bagian dari kepatuhan pada orangtua. "InsyaAllah, ini birrul walidain, saya kepada Pak Amien Rais ayah saya, yang saya tahu perjuangan seperti apa, dan seluruh keluarga juga mendukung. Jadi Bismillah," katanya.

Hanum menyebut memang sempat mengalami perang batin saat masih di PAN. Pasalnya, ia menilai nilai-nilai yang ditanamkan Amien Rais sudah tidak ada di Partai Amanat Nasional.

"Jadi memang cukup berat ya selama ini ada perang batin. Nilai-nilai yang saya harapkan sudah tidak saya temukan lagi, nilai-nilai yang selama ini Pak Amien Rais ayahanda saya ajarkan. Saya katakan lingkungannya sudah tidak mendukung," ujar Hanum.

 

Baca Juga: Partai Ummat Dukung Anies Baswedan, Soal Cawapres Ini Sarannya 

3. Anak Amien Rais yang lain

Hanum Rais Berlabuh ke Partai Ummat, Pamit dari PAN Ahmad Mumtaz Rais. IDN Times/Siti Umaiyah

Amien Rais yang menjadi Ketua Majelis Syura Partai Ummat mengatakan anaknya yang lain, Ahmad Hanafi Rais telah meninggalkan partai lamanya, dan sedang belajar menekuni ilmu keagamaan, sehingga belum tampil untuk kali ini.

"Kalau Mas Mumtaz (Ahmad Mumtaz Rais), saya kira dengan latar belakang akademik backgroundnya itu dia kan S1 Ekonomi UGM, dia sedang merancang untuk tidak di politik mungkin di bidang lain," ujar Amien.

Sementara Ahmad Baihaqy Rais dikatakan Amien sudah tidak berminat lagi, namun ibunya masih mendorong. "Tadinya mengatakan tidak berminat lagi, tapi setelah ibunya mengatakan Baihaqy itu tokoh-tokoh dari Aceh sampai Papua mendukung perjuangan bapak, lha kalau anak kandungnya tidak kan lucu. Iya bu siap bu, saya akan menjadi calon lagi, tapi bukan DPR RI tapi untuk DPRD DIY," cerita Amien.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya