Festival Van Der Wijck Lolos Kharisma Event Nusantara Kemenparekraf

Sajikan kesenian hingga UMKM

Sleman, IDN Times - Festival Van Der Wijck kembali dilaksanakan pada tahun 2023, di Buk Renteng, Tangisan, Banyurejo, Kapanewon Tempel, Kabupaten Sleman, pada 2–3 Juni 2023. Beragam kesenian memeriahkan event ini.

Festival Van Der Wijck 2023 turut dinobatkan menjadi salah satu agenda yang lolos dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). KEN merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf bersama Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholder pariwisata untuk menaikkan citra pariwisata Indonesia dan penggerak kebangkitan sektor pariwisata serta ekonomi kreatif. Pada tahun ini terdapat 110 agenda unggulan yang telah dikurasi dari 291 event usulan Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia.

"Salah satu yang spesial dari tahun ini adalah Festival Van Der Wijck menjadi 1 dari 110 daftar kegiatan dalam Kharisma Event Nusantara. Hal ini patut kita syukuri, dan semoga semakin membuka pintu untuk mengenalkan pariwisata khususnya di Sleman Barat," kata Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Ishadi Zayid.

1. Potensi wisata sleman tidak kalah

Festival Van Der Wijck Lolos Kharisma Event Nusantara KemenparekrafFestival Van Der Wijck 2023. (Dok. Istimewa)

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, menyampaikan perasaan bangga atas pencapaian tersebut. Danang mengatakan, meski baru dilaksanakan kali kedua, namun Festival Van Der Wijck berhasil membuktikan Sleman memiliki potensi wisata yang tak kalah menawan dari daerah lain. 

"Keberuntungan bagi kita Festival Van Der Wijck ini menjadi salah satu event yang lolos dalam Kharisma Event Nusantara dan dibiayai sepenuhnya oleh Kemenparekraf. Prestasi ini patut kita banggakan, dan semoga bisa ditingkatkan di tahun-tahun berikutnya," ujar Danang.

2. Diharap memberi dampak ekonomi kepada masyarakat

Festival Van Der Wijck Lolos Kharisma Event Nusantara KemenparekrafFestival Van Der Wijck 2023. (Dok. Istimewa)

Staf Ahli Menteri Kemeparekraf, Fajar Hutomo, membenarkan bahwa Festival Van Der Wijck 2023 masuk dalam daftar Kharisma Event Nusantara. Fajar pun menyampaikan pemilihan Festival Van Der Wijck dalam Kharisma Event Nusantara tak terlepas dari keunikan pemilihan tema 'Rice For All' dan suguhan berbagai pertunjukan budaya di Kabupaten Sleman.

"Dengan menyuguhkan berbagai pertunjukan budaya, membawa festival ini masuk dalam kharisma event nusantara. Tentu saja setelah melalui proses akurasi yang detail dan selektif. Semoga festival ini tidak hanya memperluas peluang pariwisata Sleman, namun juga sekaligus memberikan dampak peningkatan perekonomian bagi masyarakat," kata Fajar.

Baca Juga: Pawai Alegoris 2023 Usung Daya Tarik Kotagede Yogyakarta

3. Sebanyak 6 agenda DIY telah lolos Kharisma Event Nusantara

Festival Van Der Wijck Lolos Kharisma Event Nusantara KemenparekrafFestival Van Der Wijck 2023. (Dok. Istimewa)

Pada tahun ini Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki 6 agenda yang lolos dalam Kharisma Event Nusantara di antaranya, Sumonar (Kota Yogyakarta), Wayang Jogja Night Carnival (Kota Yogyakarta). Lalu, Jogja Violin Fest (Sleman), Festival Van Der Wijck (Sleman), Keroncong Plesiran (Sleman), dan Ngayogjazz (Sleman).

Di Festival Van Der Wijck masyarakat dapat menikmati beragam rangkaian penampilan kesenian, kirab budaya, lomba, talkshow, edu walking, workshop, dan pameran UMKM. Acara ini dapat diikuti mulai dari pukul 07.00–17.00 WIB.

Baca Juga: Tradisi Bekti Pertiwi Pisungsung Jaladri Sedot Ribuan Wisatawan

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya