Chopper Electric Bike 'Candradimuka' Jadi Lucky Draw KUSTOMFEST 2022

Chopper Electric Bike bisa menempuh jarak sejauh 200 km

Yogyakarta, IDN Times - Chopper electric bike 'Candradimuka' akan menjadi lucky draw pada gelaran KUSTOMFEST 2022 di Jogja Expo Center (JEC), Sabtu (1/10/2022) hingga  Minggu (2/10/2022). Motor kustom elektrik ini garapan Lulut ‘LT’ Wahyudi, owner sekaligus builder Retro Classic Cycles yang disiapkan untuk pengunjung KUSTOMFEST 2022 dengan membeli tiket masuk seharga Rp100 ribu.

Perhelatan KUSTOMFEST selalu  menghadirkan sesuatu yang berbeda baik secara program untuk menaikkan  level  kualitasnya. Inovasi terus dilakukan oleh tim KUSTOMFEST sebagai industri kreatif seperti kustom kulture yang ditekuninya termasuk tradisi lucky draw untuk pengunjung.

"Mengikuti tren perubahan global dalam dunia elektrifikasi tanpa meninggalkan sisi industri kreatif, KUSTOMFEST menuangkannya ke dalam unit motor Chopper electric bike," kata Lulut yang merupakan Director KUSTOMFEST, di Pendapa Royal Ambarrukmo, Jumat (30/9/2022).

1. Pengalaman pertama bagi Retro Classic Cycles untuk membuat kustom listrik

Chopper Electric Bike 'Candradimuka' Jadi Lucky Draw KUSTOMFEST 2022Chopper electric bike 'Candradimuka'. (IDN Times/ Herlambang Jati Kusumo).

Karya kustom dengan menggunakan tenaga listrik ini merupakan pengalaman pertama bagi tim Retro Classic Cycles. "Ini sekaligus menjadi trigger buat yang lain dalam membangun motor kustom listrik. Tidak ada yang tidak bisa dilakukan, kami banyak belajar soal teori dari para akademisi serta beberapa pihak lain soal elektrifikasi ini. Selama ini kita main dengan mesin combustion atau bahan bakar fossil mulai jenis  V-Twin, Boxer hingga mesin pesawat," kata Lulut.

Lulut melanjutkan soal frame, suspensi springer, penggerak sudah menjadi makanan sehari-hari di RCC untuk development. "Setelah adanya motor ini, bisa jadi muncul versi- versi lainnya dengan berbagai temuan inovasi dari kita nanti,” ujar Lulut.

2. Chopper Electric Bike bisa menempuh jarak sejauh 200 km dengan tiga mode riding

Chopper Electric Bike 'Candradimuka' Jadi Lucky Draw KUSTOMFEST 2022Chopper electric bike 'Candradimuka'. (IDN Times/ Herlambang Jati Kusumo).

Chopper Electric Bike ini mempunyai tenaga motor drive Mid Drive V3 serta baterai 72V 24AH Dual yang bisa menempuh jarak sejauh 200 km dengan tiga mode riding. Soal gaya chopper, Lulut menambahkan style ini menjadi representasi gaya dari kreasi Retro Classic Cycles selama 20 tahun berkarya. “Ini karya pertama motor kustom kita dengan penggerak listrik, kita  maunya ada taste berupa chopper Frisco di motor ini sesuai dengan ciri khas bengkel RCC," ucap Lulut.

Proses pengerjaan motor kustom elektrik ini memakan waktu 1,5 bulan dimulai dengan konsep hingga uji coba beberapa part elektrik. Dari proses corat-coret desain, diakui Lulut banyak mengalami perubahan. "Paling sulit adalah soal baterai, karena kita sudah menyiapkan tempat khusus untuk pembuatannya, tapi kita akhirnya pakai yang sudah ada mengingat waktu," ucap Lulut. 

Meski demikian Lulut menambahkan bahwa dia terus memikirkan dampak lain dari penggunaan motor listrik terutama dari sampah limbah baterai.  

Baca Juga: KUSTOMFEST Hadir Lagi, Tampilkan Karya Baru Builder Kenamaan

3. KUSTOMFEST membantu dongkrak kunjungan wisata

Chopper Electric Bike 'Candradimuka' Jadi Lucky Draw KUSTOMFEST 2022Jumpa pers lucky draw Chopper electric bike 'Candradimuka'. (IDN Times/ Herlambang Jati Kusumo).

Diketahui gelaran KUSTOMFEST 2022 ini juga bekerja sama dengan Ambarrukmo Group. General Manajer Plaza Ambarrukmo, Surya Ananta mengatakan pihaknya turut mendukung gelaran KUSTOMFEST 2022 yang menurutnya menjadi salah satu event yang menarik kunjungan orang dari luar daerah.

"Kami partner dari KUSTOMFEST 2022 akan memberi 500 tiket gratis. Event ini juga bisa menggerakkan festival di Indonesia, Jogja memiliki kreativitas dan budaya. Secara ekonomi mampu menggerakkan tingkat kunjungan ke Daerah Istimewa Yogyakarta akan meningkat," kata pria yang akrab disapa Nanang itu.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya