Bulog dan Pemda DIY Stabilkan Pasokan dan Harga Pangan

Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan diluncurkan

Yogyakarta, IDN Times - Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) diluncurkan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Salah satu wujud dari program ini yaitu dengan mendistribusikan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di pasar.

Program tersebut merupakan sinergi antara Bulog Kanwil Yogyakarta bersama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta (Disperindag DIY).

Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Yogyakarta, M. Attar Rizal, menyebut SPHP Beras di tingkat konsumen tahun 2023 guna menjaga stabilitas harga dan mengendalikan inflasi. "Penyaluran perdana kegiatan SPHP, sebagai upaya preventif pemerintah untuk menjaga daya beli masyarakat dan keterjangkauan harga bagi konsumen," kata Attar, saat peluncuran perdana di Kantor Disperindag DIY, Jumat (6/1/2023).

1. SPHP untuk jaga daya beli masyarakat

Bulog dan Pemda DIY Stabilkan Pasokan dan Harga PanganIDN Times/Holy Kartika

Attar menyampaikan tujuan lain pelaksanaan SPHP Beras juga untuk menjaga agar daya beli masyarakat terjaga. “Perum Bulog siap melaksanakan program SPHP khususnya di wilayah kerja Kanwil Yogyakarta," ujar Attar.

Program SPHP ini juga sebagai perwujudan tiga pilar ketahanan pangan yang ditugaskan kepada Bulog. "Tiga pilar tersebut ketersediaan, keterjangkauan, dan stabilitas,” ujar Attar.

2. Program dilaksanakan sepanjang tahun

Bulog dan Pemda DIY Stabilkan Pasokan dan Harga PanganIlustrasi gudang beras. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Menurut Attar, program SPHP tersebut dilaksanakan sepanjang tahun sejak tanggal 4 Januari 2023-31 Desember 2023. "Beras disalurkan ke pasar, outlet binaan, pengecer, dan lainnya dengan harga di depan pintu gudang Bulog, di atas alat angkut pembeli, sebesar Rp.8.300 per kg," kata Attar.

Pedagang menjual dengan harga maksimal sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) Beras Medium sebesar Rp9.450 per kg sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Sebelumnya, selama tahun 2022, Bulog Kanwil Yogyakarta telah menyalurkan beras untuk stabilisasi harga dengan nama program sebelumnya Ketersediaan Pasokan dan Harga pangan (KPSH) sejumlah 53.368 ton.

Baca Juga: 6 Restoran Korea All You Can Eat di Jogja, Bisa Makan Sepuasnya!

Baca Juga: Biennale Jogja Rayakan 10 Tahun Seri Khatulistiwa lewat Buku

3. Program SPHP sebagai upaya menahan laju inflasi

Bulog dan Pemda DIY Stabilkan Pasokan dan Harga PanganIlustrasi Inflasi. IDN Times/Arief Rahmat

Sementara itu, Kepala Disperindag DIY, Syam Arjayanti, mengungkapkan tingkat inflasi di DIY masih di atas nasional. Diharapkan dengan program ini dapat menahan laju inflasi di DIY. "Harapan kami pada awal tahun, bulan Januari, Februari sampai panen raya, dengan program ini bisa mengendalikan harga beras yang mulai merangkak naik," kata Syam.

Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) pada Desember 2022 terjadi inflasi year on year (y-on-y) sebesar 6,49 persen, dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 115,57. Inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran, yaitu: kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 6,85 persen.

Baca Juga: Suporter Jogja Tolak Arema, Ini Respon Pengelola Stadion Sultan Agung

Baca Juga: 4 Pemain Keluar, Suporter PSS Tak Sabar Tunggu Pengumuman Pemain Baru 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya