Beri Apresiasi bagi Pengunjung, Wujud Optimisme PT TWC di 2023

Adakan berbagai kegiatan sambut awal tahun

Sleman, IDN Times - Menyambut tahun 2023, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (PT TWC) mengusung tema spirit Tourism Revival. Hal ini dimaknai sebagai semangat menuju Kebangkitan Pariwisata yang senantiasa digaungkan.

Spirit Tourism Revival ini divisualkan melalui beragam aktivitas dalam Apresiasi Pengunjung Pertama di seluruh destinasi yang dikelola PT TWC pada Minggu (1/1/2023). Apresiasi tersebut diberikan kepada pengunjung di kawasan wisata Candi Prambanan, Taman Wisata Keraton Ratu Boko, Candi Borobudur, Teater Pentas, dan Taman Mini Indonesia Indiah (TMII).

1. Wisata mulai bangkit sejak 2022

Beri Apresiasi bagi Pengunjung, Wujud Optimisme PT TWC di 2023Apresiasi pengunjung pertama PT TWC, Minggu (1/1/2023). (Dok. Humas PT TWC)

Direktur Utama PT TWC, Edy Setijono, mengatakan bahwa tahun 2022 kemarin seperti ladang harapan untuk semuanya. Bibit pemulihan disemai Pemerintah Indonesia ke seluruh sektor produktif untuk mendukung peningkatan perekonomian masyarakat.

"Perjuangan selama 2 tahun ini kini hampir menemui harapan. Tantangan yang membentang perlu dibarengi semangat optimisme yang tak lekang. Dalam rangka mendukung strategi Holding Injourney, PT TWC sebagai Indonesia Heritage Management, yang merupakan salah satu membernya, mengeksekusi langkah demi langkah transformasi menuju leading Destination Management Organization (DMO), untuk menciptakan ekosistem pariwisata yang terintegrasi," ujar Edy, Minggu.

Baca Juga: Kapolda DIY : Perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 Berjalan Aman

2. Dorong adanya kolaborasi

Beri Apresiasi bagi Pengunjung, Wujud Optimisme PT TWC di 2023Apresiasi pengunjung pertama PT TWC, Minggu (1/1/2023). (Dok. Humas PT TWC)

Mendukung hal itu, Edy menyebut PT TWC tidak bisa bertumbuh sendiri. Di waktu yang bersamaan, pihaknya mendorong dan mendukung komunitas, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan pelaku pariwisata lainnya demi mengoptimalkan dampak sosial ekonomi dari industri pariwisata.

"Mari kita bangkit bersama, demi keberlanjutan pariwisata Indonesia. Selamat Tahun Baru 2023", kata Edy.

Sinergi dan upaya mendorong wisata berkelanjutan tersebut juga terlihat saat apresiasi pengunjung pertama yang datang di objek wisata yang dikelola PT TWC. Sebagai Indonesia Heritage Management, TWC berkomitmen penuh dalam pengelolaan destinasi heritage and culture yang berkelanjutan dan berkualitas. Salah satunya dilakukan dengan memberikan layanan terbaik kepada wisatawan, dengan menghadirkan destinasi yang inspiratif, edukatif, dan berbudaya serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan.

3. Apresiasi pada pengunjung pertama

Beri Apresiasi bagi Pengunjung, Wujud Optimisme PT TWC di 2023Apresiasi pengunjung pertama PT TWC, Minggu (1/1/2023). (Dok. Humas PT TWC)

Apresiasi yang dilakukan, di antaranya penanaman pohon oleh pengunjung pertama. Hal ini mengandung makna menanam harapan baru yang sarat dengan kebaikan dan optimisme, menuju Kebangkitan Pariwisata. Pengalungan syal hasil karya UMKM, menyiratkan bahwa Kebangkitan Pariwisata salah satunya ditandai dengan keterlibatan peran aktif UMKM.

Prajurit Bregada menjadi simbol bahwa bersama-sama kita harus saling menjaga dalam fase kebangkitan pariwisata. Adapun kegiatan melepas burung memiliki makna yang dalam, yakni simbol mengasihi antar sesama makhluk hidup. Nuansa tradisi Jawa mendeskripsikan betapa kita harus tetap menjaga dan menjunjung tinggi nilai kebudayaan Indonesia di tengah gegap gempita kebangkitan pariwisata. Atraksi tarian dan musik daerah, menandakan jiwa kebinekaan Indonesia, bersatu padu di atas ragam perbedaan menuju kebangkitan pariwisata.

Baca Juga: 6 Juta Lebih Wisatawan Piknik ke Kota Yogyakarta 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya